IMPLEMENTASI KHIYAR DALAM JUAL BELI ONLINE

STUDI KASUS KETIDAKSESUAIAN OBJEK PADA MARKETPLACE SHOPEE

  • Syathir Sofyan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Teti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Khiyar, Buy and Sell Online, Object mismatch

Abstract

The purpose of the research is to find out how to implement the khiyar principle in online buying and selling, case studies of object inconsistencies in the Shopee marketplace and to find out the inhibiting factors for khiyar implementation in online buying and selling case studies of object mismatches. The type of research used in this study is a qualitative descriptive method. Data collection techniques consist of interviews and documentation. The data obtained will be analyzed in three steps, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study indicate that the implementation of khiyar in online buying and selling in cases of object mismatch in practice has implemented khiyar, although in terms of knowledge and literacy about khiyar both from Shopee, sellers, and buyers do not fully understand about khiyar. On the Shopee marketplace site, the khiyar practices applied are “khiyar aib”, “khiyar syarat”, and “khiyar ru’yah”. Khiyar aib is related to the right of complaint owned by the buyer when receiving a defective item. Khiyar syarat relate to the grace period given by the Shopee to the buyer to make a complaint. And for khiyar ru’yah it relates to the right of complaint owned by the buyer because he cannot see the goods ordered directly when the contract takes place.

References

Ain, Kiki Faqihatul. “Konsep Khiyar Online Shop dalam Perspektif Fiqih Muamalah dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen.” Skripsi. Jakarta: Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta), 2020.

Alfarizi, Irfan. “Trend Jual Beli Online Melalui Situs Resmi Menurut Tinajuan Etika Bisnis Islam.” Skripsi. Bengkulu: Institut Agama Islam Bengkulu, 2019.

Amiruddin, Muhammad Majdy. “Khiyār (Hak Untuk Memilih) dalam Transaksi On-Line: Studi Komparasi Antara Lazada, Zalara dan Blibli”. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 2016.

Catriana, Elsa. “Shopee Bukukan 260 Juta Transaksi Pada Kuartal II 2020”. https://money.kompas.com/read/2020/09/01/ 153618 526/Shopee-bukukan-260-juta-transaksi-pada-kuartal-ii-020? page=all#:~:text=JAKARTA% 2C%20 KOMPAS. com%20 %2D%20Direktur,mencapai%202%2C8%20juta%20transkas, diaskes pada tanggal 13 Juli 2021

Departemen Agama RI. Al-Hikmah Al-Quran dan Terjemahannya. Jawa Barat: CV Penerbit Diponegoro, 2010.

Fathoni, Abdurrahmat. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Hafizah, Desy. H. Zulfi Imran dan Siti Latifah, “Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli Online Produk HWI (Health Wealth International).” The Journal of the Royal Society for the Promotion of Health 97, no. 3 (2020).

Hasanah, Dafiqah. Mulyadi Kosim dan Suyud Arif. “Konsep Khiyar pada Jual Beli Pre Order Online Shop dalam Perspektif Hukum Islam.” Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam 8, no. 2, 2019.

Indriati, Dewi Sri. “Penerapan Khiyar dalam Jual Beli.” Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah 2, no. 2 (2016).

Jamilah dan Firmansyah. “Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Penerapan Khiyar dalam Transaksi E-Commerce.” Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 6, no. 1 (2019).

Khosiy’ah, Siah. Fiqh Muamalah Perbandingan. Bandung, Pustaka Setia, 2014.

Mawarni, Siti Aiza. “Implementasi Hak Khiyar dalam Sistem Jasa Titip Online Studi Kasus di Surakarta”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Murshidi, Mohd. Mohd Noor. “Hak-Hak Khiyar dalam Masalah Konsumen di Malaysia.” Middle-East Journal of Scientific Research 2 (2013).

Nazir, Habib dan Muhammad Hasanuddin. Ensiklopedia Ekonomi dan Perbankan Syari’ah. Bandung: Kaki Langit, 2004.

Ningsih, Reni Widya. “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Beli Online di Tokopedia”. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan, 2020.

Novianti, Nurmiati. “Tinjauan Hukum Islam terhadap Jual Beli Online Shopee dan Perlindungan Konsumen di Shopee Menurut Mahasiswa UIN Syahid Jakarta”. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2019.

Oktasari, Orin. “Al-Khiyar dan Implementasinya dalam Jual Beli Online.” Aghinya Stiesnu Bengkulu 4 (2021).

Putri, Rina Permata. “Hukum Khiyar dalam Akad yang Mengandung Penipuan dalam Perspektif Hukum Islam.” Premise Law Journal, 1 (2014).

Rahman, Abdul. dkk. Fiqh Muamalat. Jakarta: Kencana, 2010.

Rozalinda. Fikih Ekonomi Syariah Prinsip dan Implementasinya pada Sektor Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Sabiq, Sayyid. Fikih Sunnah. Jil. XII. Bandung: Darul Ma’arif, 1996.

Sahroni, Oni dan Hasanuddin. Fikih Muamalah Dinamika Teori Akad dan Implementasinya dalam Ekonomi Syariah. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016.

Salim, Munir. “Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam.” Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 6, no. 2 (2017).

Siagian. “Waspada Penipuan Online Jaga Transaksi Digital”, https://www. kompas.id/baca/adv_post/waspada-penipuan-online-jaga-transaksi-digital-anda, diakses pada tanggal 13 Juli 2021.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009.

Suhendi, Hendi. Fiqh Muamalah. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2017.

Syafi, Rachmat. Fiqh Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2000.

Tektona, Rahmadi Indra. “Kepastian Hukum Pelaksanaan Khiyar syarat dalam Ba'i Salam Online Melalui Instagram”. Journal of Shariah Economic 10, no. 2 (2020).

Tektona, Rahmadia Indra. “Kepastian Hukum Pelaksanaan Khiyar syarat dalam Ba'i Salam Online Melalui Instagram.” Journal of Sharia Economics 10, no. 2 (Desember 2012).

Zuhaily, Wahbah. Al-Fiqh al-Islam wa Adilatuhu. Jilid IV. Beirut: Dar Al-Fikr, 1984.

Published
2021-12-30
How to Cite
Sofyan, S., & Teti. (2021). IMPLEMENTASI KHIYAR DALAM JUAL BELI ONLINE: STUDI KASUS KETIDAKSESUAIAN OBJEK PADA MARKETPLACE SHOPEE. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 15(2), 179 - 206. https://doi.org/10.24239/blc.v15i2.821
Abstract - 146