ETIKA KONSUMSI ISLAM DALAM IMPULSIVE BUYING

  • Ermawati Usman IAIN
Keywords: Impulsive Buying, Etika Konsumsi Islam, Ekonomi Islam

Abstract

Impulsive Buying merupakan pola perilaku konsumen dalam membeli dimana konsumen melakukan pembelian secara spontan tanpa adanya perencanaan terjadi dengan tiba-tiba dan keinginan yang kuat untuk membeli sesuatu dengan segera tanpa adanya suatu pertimbangan untuk konsekuensi yang akan dihadapi. Perilaku ini timbul dipengaruhi oleh rasa penasaran, suasana hati, lingkungan toko, display dan promosi yang ditawarkan. Etika konsumsi merupakan aturan tentang baik dan buruk dalam pemanfaatan barang atau jasa. Islam menganjurkan untuk mengikuti prinsip-prinsip pemenuhan kebutuhan secara tidak berlebih-lebihan, sebagai bentuk ketaatan pada Allah swt., memenuhi tanggung jawab keluarga, memiliki skala prioritas, persediaan untuk keturunan dan juga untuk sosial melalui pemenuhan kewajiban zakat, sedekah dan infaq. Dengan maraknya fenomena impulsive buying maka diperlukan sosialisasi tentang pandangan etika konsumsi Islam dalam berbelanja tanpa terencana. Tulisan ini akan menyorot gaya belanja impulsif menurut etika konsumsi Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Aṣfihāni, Ar-Raghib. Mufradāt li Alfāẓ Al-Qur’an. Beirut: Dār al-Ma‟rifah: 1998.

Al-Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam, terj. Zainal Arifin,et.al. Jakarta : Gema Insani Press, 2001.

Al-Qazwini, Abu ‘Abdullah Muhammad bin Yazid. Sunan Ibnu Majah. Juz: II; Beirut: Dar al-Fikr, 1995.

Al-Syatibi. Al-Muwafaqat fi Ushul al-Syariah. Jil. II; Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiyahal, t.th.

Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: PT Gramedia pustaka, 2000.

Bahri, Andi. Etika Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Studi Islamika 11, no. 2 (Desember 2014).

Beekum, Rafik Issa. Etika Bisnis Islami, terj. Muhammad, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Dahlan, Abdul Aziz (ed.). Ensiklopedi Hukum Islam. Jil: 6; Jakarta: PT. Ichtian Baru vanHoeve, 2003.

Daud Ali, Muhammad. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Ed. IV; Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Engel, Blackwell Miniard. Perilaku Konsumen. Ed.VI; Jil.2; Jakarta: Binarupa Aksara, 1994.

Frederick C. Mish, ed. Merriam-Webster’s Collegiate Dictionary. Ontario: Thomas Allen & Son Limited, 1993.

Ibnu Majah. Sunan Ibnu Majah. Jil: IV; Beirut: Dar al-Risalah al-‘Ilmiyyah, 2009.

Ma’luf, Louis. Munjid fi al-Lughah wa al-A`lām. Beirut: Dār al-Masyriq, 1986.

Palan, K. M., Morrow, P. C., & Trapp A. “Compulsive Buying Behavior in College Students: The Mediating Role of Credit Card Misuse.” Journal of Marketing Theory & Practice 19, no. 1 (2011)

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. Human Development. Ed. X; USA: McGraw-Hill Inc, 2007

Rook, D. W. “Impulse Buying” in S. K. Peter E. Karl, The Elgar Companion to Consumer Research and Economic Psychology. Cheltenham: Edward Elgar Publishing Limited, 1999.

Sarwoko. Pengantar Filsafat Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba, t.th.

Widya, Utami Christina. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia Jakarta: Salemba Empat, t.th.

Workman, L. & David Paper. “Compulsive Buying: A Theoritical Framework.” The Journal of Business Inquiry 9, no. 1 (2010).

Yuliadi, Imammudin. Ekonomi Islam: Sebuah Pengantar. Yogyakarta, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI), 2001.

Published
2021-06-23
How to Cite
Usman, E. (2021). ETIKA KONSUMSI ISLAM DALAM IMPULSIVE BUYING. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 15(1), 103 - 124. https://doi.org/10.24239/blc.v15i1.709