IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN SIGI
Abstract
Komunikasi internal di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sigi dinilai memadai, masih diperlukan perbaikan terutama dalam disiplin berkomunikasi di luar jam kerja, keterbukaan, dan toleransi antara atasan dan bawahan dianggap penting untuk menjaga iklim komunikasi yang baik, serta hambatan dalam komunikasi sering terjadi ketika informasi dari pimpinan ke bawahan kurang jelas dan struktur organisasi saat ini dianggap tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada dan mengalami ketidakjelasan, dengan saran untuk menambah minimal satu bidang lagi dalam struktur organisasi untuk menangani tugas yang semakin kompleks, sementara keberlanjutan alat komunikasi dan pemberian instruksi di luar jam kerja menjadi hal yang penting untuk memastikan kelancaran arus informasi serta pengakuan terhadap kinerja yang baik dari pegawai sangat penting untuk meningkatkan motivasi mereka, di mana pemberian penghargaan kepada pegawai yang berprestasi dapat menjadi motivasi bagi pegawai lainnya, dan meskipun umpan balik antara atasan dan bawahan di kantor tersebut tidak selalu optimal, diharapkan kehadiran pimpinan baru dapat memperbaiki hubungan tersebut.