Hubungan Program Tahsin dan Tahfidz Sebagai Layanan Bimbingan Konseling Spiritual Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa-Siswi Kelas X di MAN 2 Kota Palu

  • Syamsuri Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
  • Ila Magfira Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
  • Zuhra Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
Keywords: Program Tahsin & Thfidz, Layanan BK Spiritual, Kecerdasan Spiritual.

Abstract

Penelitian dengan judul hubungan program tahsin dan tahfidz sebagai layanan bimbingan konseling spiritual terhadap kecerdasan siswa-siswi kelas x di MAN 2 Kota Palu dengan rumusan masalah apakah ada hubungan antara program tahsin dan tahfidz terhadap kecerdasan spiritual siswa-siswi kelas x di MAN 2 Kota Palu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 48 siswa-siswi kelas X MAN 2 Kota Palu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik korelasi product momen.

Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai df atau db = 46 maka dapat dicari r yang tercantum dalam tabel “r” Product Moment, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Jadi peneliti mencari df atau db sebesar 46 pada tabel “r” Product Moment diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 0,284 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,368. Melihat besarnya ro yang diperoleh adalah 0,769 sedangkan rt masing-masing 0,284 dan 0,368. Jadi rxy atau ro lebih besar dari rt pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1% (0,769> 0,284 dan 0,368). Jadi hipotesisnya adalah hipotesis alternatif (Ha) disetuji atau diterima, atau terbukti kebenarannya.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Handayani, Henny. Hubungan Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Dengan Kecerdasan Spiritual Peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Kota Tangerang, (Tangerang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2021).
Ilmy, Bachrul. Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X .Bandung: Grafindo Media Pratama, 2007.
Ledyana, Dwi Khusna. Pengaruh Aktivitas Menghafal Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Siswa di SMP Tahfidz Al-Ikhlas, (Jawa Timur: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 2019).
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Nizhan, Abu. Buku Pintar Al-Qur’an. Jakarta: Qultum Media, 2008.
P, Monty., et al. Mendidik Kecerdasan dan Pedoman Bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: Pustaka Populer Obor, 2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suharmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito, 1994.
Wahid, Wiwi Alawiyah. Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Yuliatun, Mencerdaskan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama. Kudus: STAIN Kudus, 2013.
Zohar, Danah dan Ian Marshall. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Holistik Memaknai Kehidupan. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2001.
Published
2022-06-21
Abstract - 67