Interaksi Sosial dalam Keterampilan Berkomunikasi Pustakawan pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan
Abstract
This research aims to examine social interactions in the communication skills of librarians with special needs students in the State Special School (SLB) Negeri 1 Pembina, South Sulawesi Province. The study adopts a systematic managerial approach with a qualitative descriptive research design. Data were collected through observation, interviews, and documentation, and then analyzed through four stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research findings reveal that social interactions between the library administrators at SLB Negeri 1 Pembina and special needs students are carried out through friendly and empathetic approaches, individual responses, verbal and nonverbal communication, collaboration, information exchange, inclusive support, and greetings, with the aim of making the special needs students feel comfortable. The library administrators at SLB Negeri 1 Pembina in South Sulawesi Province demonstrate proficient communication skills and strive to be communicative when interacting with special needs students through cooperation, motivation, accommodation, assimilation, and sympathy. However, there are several barriers to communication with the students, such as misperceptions, lack of sensitivity, and insufficient information cues in the library.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji interaksi sosial dalam keterampilan berkomunikasi pustakawan pada siswa anak berkebutuhan khusus (ABK) di perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan manajerial sistematis dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial antara pengelola perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan pemustaka berkebutuhan khusus dilakukan melalui pendekatan yang ramah dan empati, respon individual, komunikasi verbal dan nonverbal, kolaborasi, pertukaran informasi, dukungan inklusif, dan ucapan salam, dengan tujuan agar pemustaka berkebutuhan khusus merasa nyaman. Pengelola perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan  menunjukkan keterampilan komunikasi yang terampil, berusaha bersikap komunikatif, dan berinteraksi dengan pemustaka berkebutuhan khusus melalui kerjasama, motivasi, akomodasi, asimilasi, dan simpati. Meskipun demikian, terdapat beberapa hambatan dalam berkomunikasi dengan pemustaka, seperti salah persepsi, kurangnya sensitivitas, dan kurangnya petunjuk informasi di perpustakaan.
References
Adimas Bayu N. Hehi. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Berdasarkan Ketunaan Yang Dimiliki [Blogspot]. DIMASHEHISUMBACITY. https://adimasbayu.wordpress.com/2014/04/20/16/
A.M Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawali.
Ating Tedjasutisna. (1994). Etika Komunikasi. Armico.
Gibson James L, John M. Ivancevich, & James H. Donelly. (2006). Organisation. Erlangga.
Iskandar. (2017, July 3). Interaksi Sosial di Perpustakaan [Blogspot]. Iskandar Pustakawan Madya Unhas (Universitas Hasanuddin). https://iskandar-pustakawan-unhas.blogspot.com/2017/07/interaksi-sosial-di-perpustakaan.html
Lexy J Moleong. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Muhammad Fauzan Ali. (n.d.). Teori Oganisasi Umum [Blogspot]. Kumpulan Tugas Kuliah. http://tugasperkuliahannih.blogspot.co.id/2012/03/makalah- komunikasi.html
Murniaty. (2006). Manajemen dan Organisasi Perpustakaan Sekolah. Presentasi Makalah Pustakawan, Universitas Sumatera Utara. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/22412
Undang-undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Pub. L. No. 43, LN.2007/NO.129, TLN NO.4774, LL SETNEG : 27 HLM (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39968/uu-no-43-tahun-2007
Peter Coledrige. (1997). Pembebasan Dan Pembangunan: Perjuangan Penyandang Cacat di Negara-Negara Berkembang. Pustaka Pelajar.
Sartika Yopi. (2013). Ragam Media Pembelajaran Adiptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Familia.
Copyright (c) 2023 Surya Handayani, Nur Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Once the article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work