Inovasi dalam Meningkatkan Minat Baca di TBM Kedai Baca Sipakainga Makassar
Abstract
The objective of this research is to determine how the existence of reading shops is one of the innovations in the reading community, as well as the perceived benefits of reading shops. The research method employed in this study is descriptive research with qualitative methods. The procedure of gathering data through a series of activities ranging from observations or surveys to the conduct of interviews. The findings indicate that Kedai Baca Sipakainga still exists among the community, with the aim of visiting the reading shop, as well as a place to gather and enjoy coffee, read accessible reading books, or look for reference materials. The benefits that visitors and owners can derive include increased interest in the visit, which benefits the manager including additional income, while the visitors perceive an escalating intention of reading due to the presence of books in the reading stalls.
Abstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana eksistensi kedai baca sebagai salah satu inovasi minat baca di kalangan masyarakat dan juga untuk mengetahui manfaat kedai baca yang dirasakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode kualitatif. Metode pengmpulan data dengan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari observasi atau pengamatan, sampai kepada pelaksanaan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedai baca sipakainga masih tetap eksis di kalangan masyarakat dengan tujuan berkunjung ke kedai baca yakni sebagai tempat berkumpul atau nongkrong, menikmati hidangan kopi, membaca buku bacaan yang tersedia dan mencari buku referensi tugas. Manfaat yang dapat diperoleh pengunjung dan pemilik yakni meningkatkan minat kunjung yang tentu memberikan manfaat kepada pengelola terutama pemasukan atau bertambahnya pendapatan sedangkan manfaat yang dirasakan pengunjung yakni dapat meningkatkan minat baca dengan kehadiran buku-buku di kedai baca sipakainga.
References
Ardianto. (2009). Motivasi Orang Berkumpul di Coffee Shop Sebuah Studi Deskriptif. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Benawi, I. (2012). Perpustakaan Kafe dan Warkop adalah Sebuah Perpustakaan Inovasi Masa Kini. Jurnal Iqra', 6 (02): hal. 14.
Haryanto, A. (2017). Tirto.id. Terdapat pada Najwa Paparkan Data Soal Rendahnya Minat Baca Indonesia: https://tirto.id/najwa-paparkan-data-soal-rendahnya-minat-baca-indonesia-cupM. Diakses 26 April 2022.
Haryanti, T. (2010). Librarian. Terdapat pada Inovasi Pengembangan dan Pemberdayaan Perpustakaan Masyarakat:http://www.triniharyanti.id/2010/04/inovasi-engembangan-dan-pemberdayaan.html?m=1.Diakses 26 April 2022.
Masiani, K. (2016). Perpustakaan Kafe: Konsep Unik Sebagai Usaha Peningkatan Minat Baca dan Interaksi Sosil. Jurnal Pari, 2 (2):hal.99.
Nadir, M. (2018, Maret 26). Kompas. com. Terdapat pada Per Hari, Rata-rata Orang Indonesia Hanya Baca Buku Kurang dari Sejam:https://nasioanl.kompas.com/read/2018/03/26/14432641/per-hari-rata-rata-orang-indonesia-hanya-baca-buku-kurang-dari-sejam. Diakses 26 April 2022.
Nafisah, A. (2014). Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat .Libraria, 2 (2): hal. 72-74.
Siahaan, S. (2007). Strategi Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Teknodik, XI (22):hal. 168.
Srimulyo, K., & Prasyesti, M. (2017). Komodifikasi Perpustakaan Kafe Sebagai Dampak Perubahan Gaya Hidup Urban. Visi Pustaka, 19 (2) 2 : hal. 153-160.
Copyright (c) 2022 Nasrullah, Nur Arifin, Fatri Ardiansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Once the article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work