Demands and Challenges of Publication of Scientific Writing for Arabic Language and Literature Students

  • Zaenal Abidin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Khaerun Nisa Nuur Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Andi Satrianingsih Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nur Arifin Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Indonesia
Keywords: Demands, Challenges, Scientific papers

Abstract

This study aims to describe the competence of Arabic Language and Literature students at Faculty of Adab and Humanities of UIN Alauddin in producing scientific papers by testing the effectiveness of demands and confirming the challenges faced. The focus of the objects and data sources of this study were students majoring in Arabic in semesters 5 and 7 who were found randomly or random sampling. Presentation of data is done descriptively. Data analysis and drawing conclusions are done inductively. The results of the research show that Arabic Language and Literature (BSA) students are not aware of the opportunities they have to conduct research and produce scientific papers (KTI). This has implications for the increasing challenges they face, because in addition to their inability to utilize a number of supporting facilities, they also lack research and writing experience. In fact, because the inability to seize opportunities makes them less motivated and weak in interest.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin dalam menghasilkan karya tulis ilmiah dengan menguji efektivitas tuntutan dan mengkonfirmasi tantangan yang dihadapi. Fokus objek dan sumber data penelitian ini ialah mahasiswa jurusan Bahasa Arab semester 5 dan 7 yang ditemukan secara acak atau random sampling. Penyajian data dilakukan secara deskriptif. Analisis data dan penarikan kesimpulan dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan kurang sadarnya mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA) terhadap peluang yang mereka miliki untuk melakukan penelitian dan menghasilkan karya tulis ilmiah (KTI). Hal itu berimplikasi terhadap bertambahnya tantangan yang mereka hadapi, sebab di samping ketidakmampuan memanfaatkan sejumlah fasilitas pendukung, juga minimnya pengalaman meneliti dan menulis. Bahkan karena ketidakmampuan menangkap peluang menjadikan mereka kurang motivasi dan lemah minat.

References

Darmalaksana, W. (2021). Kebiijakan Publikasi Artikel Ilmiah Mahasiswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 139–157.

Edaran: Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://lldikti8.ristekdikti.go.id/2019/06/13/edaran-publikasi-karya-ilmiah-program-sarjana-program-magister-dan-program-doktor/

Hasyim, M. (2021). Fenomena Publikasi Ilmiah pada Komunitas Peneliti Muda di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Humaniora, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.15792

J.D.I.H. - Undang Undang Dasar 1945—Dewan Perwakilan Rakyat. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945

Julianto, V. (2019). Faktor-Faktor Penghambat Meningkatnya Kemampuan Publikasi di Program Studi Psikologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 6(2), 131. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i2.1525

Karya ilmiah—Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved February 2, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah

KBBI Daring. (n.d.). Retrieved February 2, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karya ilmiah

Napitupulu, D., & dkk. (2020). Menulis Artikel Ilmiah untuk Publikasi. Yayasan Kita Menulis.

Publikasi ilmiah—Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (n.d.). Retrieved February 2, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Publikasi_ilmiah

Purwanto, A., Pramono, R., Bernarto, I., Asbari, M., Santoso, P. B., Saifuddin, M. P., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Ong, F., & Kusumaningsih, W. (2020). Minat dan Hambatan Publikasi Artikel pada Jurnal Internasional Bereputasi: Studi Eksploratori pada Mahasiswa Doktoral di Sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 219–228. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.348

Ratnasari, G., & Nurislaminingsih, R. (2017). Pengaruh Kebijakan Publikasi Karya Ilmiah Di E-Journal Terhadap Peningkatan Motivasi Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2009. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 201–210.

Retnowati, T. H., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Kinerja Dosen di Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 215–225.

Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. Deepublish.

Tingkat produktivitas penerbitan karya tulis ilmiah. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/view/37632/22245

Undang-Undang Republik Indonesia. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved February 1, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Yudhyarta, D. Y., Susanti, E., & Ilyas, M. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat P-ISSN: 2745-7400 │E- ISSN: 2745-7419 Vol., 2(1), 1–10.

Published
2022-09-30
How to Cite
Abidin, Z., Nuur, K. N., Satrianingsih, A., & Arifin, N. (2022). Demands and Challenges of Publication of Scientific Writing for Arabic Language and Literature Students. Inkunabula: Journal of Library Science and Islamic Information, 1(2), 65-74. https://doi.org/10.24239/ikn.v1i2.1343
Section
Articles