IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD INPRES MARANTALE KECAMATAN SINIU KABUPATEN PARIGI MOUTONG

  • Asria Asria IAIN Palu
  • Syahril Syahril Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu
  • A Markarma Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu
Keywords: Implementasi; Manajemen Kelas; Disiplin Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan tujuan mendeskripsikan data atau makna temuan-temuan PenulisĀ  perolah pada saat meneliti dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: implementasi manajemen kelas di SD Inpres Marantale telah berlangsung sesuai dengan ketersediaan sarana dan prasarana serta pendukung lainnya. Implikasi manajemen kelas terhadap disiplin belajar peserta didik di SD Inpres Marantale yaitu peserta didik menjadi disiplin waktu, patuh terhadap aturan, bertanggung jawab atas tugas, motivasi belajar makin menambah dan juga prestasi belajar. Berdasarkan hasil tersebut disarankan agar kepala sekolah sebagai penanggung jawab sekolah untuk memperhatikan fasilitas penyediaan sarana dan prasarana serta media-media pendukung lainnya; hendaknya guru terus mengaplikasikan manajemen kelas untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia serta memperkaya improvisasi kelas guna menciptakan kondisi pembelajaran yang kondusif

Published
2021-03-02
Section
Articles
Abstract - 50