https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/tdb/issue/feed AL-TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan 2023-12-02T17:29:41+00:00 Masmur. M masmur@iainpalu.ac.id Open Journal Systems <p>AL-TADBIR: is specialized management education journals that publish article/research results have not been published. editors accept manuscripts summary of the results of a research report with the following provisions: original, writings ranged from 20 to 25 pages, double spaced font Times New Roman 12 pt. formatting: title, author's name, abstract (Indonesia, English), keywords, introduction, study of theory, methodology, findings and discussion, conclusions and implications, bibliography and a short biography.</p> <p>First published in 2021 with a frequency twice stahun in June and December.</p> https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/tdb/article/view/2506 PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MAN 2 PALU 2023-11-29T09:32:12+00:00 Abdul Rahman Lamatoro lamatoroabdulrahman@gmail.com Jihan jihan.abdullah08@gmail.com A. Ardiansyah andiardiansyah@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan Kepala Madrasah dan kinerja guru di MAN 2 Palu, 2) mengetahui pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di MAN 2 Palu, dan 3) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di MAN 2 Palu. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional . populasi dalam penelitian ini adalah 80, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 55 guru menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik, normalitas, linearitas dan multikolinearitas kemudia analisis regresis berganda, uji t, uji F dan determinasi koefesien r. Hasil penelitian menunjukan bahwa&nbsp;1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru MAN 2 Palu sebesar 0,01&nbsp;&lt; 0,05 dan t<sub>hitung</sub> 4,605 &gt; 2.048 t<sub>tabel</sub>, sehingga dapat disimpulkan bahwa H<sub>1</sub> diterima yang berarti terdapat pengaruh X<sub>1</sub> terhadap Y. 2) terdapat pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru MAN 2 Palu, 0,01 &lt; 0,05 dan t<sub>hitung</sub> 7,255 &gt; 2.048 t<sub>tabel</sub>, sehingga dapat disimpulkan bahwa H<sub>2</sub> diterima yang berarti terdapat pengaruh X<sub>2</sub> terhadap Y 3) terdapat pengaruk kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di MAN 2 Palu ,sebesar 0,001 &lt; 0,05 dan nilai F<sub>hitung</sub> 27,949 &gt; F<sub>tabel</sub> 3,33 maka H<sub>3</sub> diterima. Dengan nilai determinasi koefesien sebesar 51,8% dan sisanya 48,2%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p> 2023-06-29T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/tdb/article/view/2507 PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENINGKATAN MANAJEMEN PELAYANAN MA’HAD AL-JAMI’AH UIN DATOKARAMA PALU 2023-11-29T09:36:22+00:00 Asman Deteng asmandeteng@gmail.com Rusdin rusdin@gmail.com A. Markarma andimarkarma986@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan manajemen pelayanan <em>Ma’had Al-Jami’ah</em> UIN Datokarama Palu dan Bagaimana cara pengambilan keputusan dalam peningkatan manajemen pelayanan <em>Ma’had Al-Jami’ah</em> UIN Datokarama Palu.</p> <p>Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data pelalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, dan penarikan kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pengambilan keputusan di <em>Ma’had&nbsp;&nbsp;&nbsp; Al-Jami’ah</em> UIN Datokarama Palu menggunakan cara semi otokrasi, selain itu terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat, yaitu sarana prasarana, anggara, program kerja dan SDM.&nbsp; 2) Pengambilan keputusan di <em>Ma’had Al-Jami’ah</em> UIN Datokarama Palu menggunakan cara semi otokrasi, dimana direktur mahad ketika mengambil suatu keputusan berdiskusi dengan pengurus lain berdasarkan keterangan-keterangan pendukung yang dapat menguatkan keputusan tersebut.</p> <p>Implikasi penelitian agar pemimpin kebijakan dalam hal ini yaitu direktur <em>Ma’had Al-Jami’ah</em> UIN Datokarama Palu hendaknya lebih meningkatkan pelayanan di <em>Ma’had Al-Jami’ah</em> UIN Datokarama Palu dengan melengkapi sarana prasaran serta segala kebutuhan yang dibutuhakan mahasiswa demi menunjang terlaksann program<em> Ma’had Al-Jami’ah</em> &nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; UIN Datokarama Palu.</p> 2023-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/tdb/article/view/2519 IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD ALKHAIRAT 1 PALU 2023-12-02T17:29:41+00:00 Faidah Faidah faidah15@guru.sd.belajar.id <p>Penelitian ini bermaksud mengungkap peningkatan prestasi belajar Peserta Didik dengan diterapkannya pembelajaran discovery mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Indahnya Saling Menghargai Dalam Keragaman pada peserta didik kelas IV SD ALKHAIRAT 1 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat reflektif, partisipatif, kolaboratif, dan spiral. Lokasi, waktu, dan subjek penelitian mencakup peserta didik kelas IV SD ALKHAIRAT 1 Palu pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Data penelitian melibatkan kemampuan berpikir peserta didik yang diamati melalui pertanyaan dan jawaban selama diskusi. Data hasil penelitian diperoleh dari nilai ulangan harian. Prosedur pengumpulan data melibatkan observasi dan tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas IV SD ALKHAIRAT 1 Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Discovery Learning efektif meningkatkan hasil belajar PAI siswa, dan hasil positif pada siklus II menunjukkan bahwa tindakan perbaikan telah berhasil mencapai tujuan perbaikan tanpa perlu siklus lanjutan. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 62 % menjadi 85 %. Hasil observasi dalam penggunaan penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Sebagai Sunnatullah yang diikuti oleh siswa pada waktu tindakan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa yang berkategori baik dan memuaskan dengan rentang pada siklus II. Penggunaan penerapan metode discovery learning juga dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran PAI di SD ALKHAIRAT 1 Palu dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa.</p> 2022-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023