STUDI TENTANG MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK DI SMA NEGERI 4 PALU
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Studi Tentang Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Menigkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik di SMAN 4 Palu. Adapun yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk manajemen mutu dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMAN 4 Palu dan Bagaimana strategi manajemen mutu dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMAN 4 Palu. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMAN 4 palu bahwa : 1) bentuk manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik di SMAN 4 palu itu sudah sesuai standar kompetensi, dilihat dari program- program yang ada di sekolah tersebut salah satunya mengikut sertakan tenaga pendidik pada kegiatan pelatihan baik tingkat lokal daerah maupun nasional, dan juga bekerjasama dengan LPMP. 2) strategi manajemen mutu pendidikan dalam meningkatkan kompetesi tenaga pendidik di SMAN 4 Palu melalui pembinaan, motivasi, dan dorongan melalui pelatihan-pelatihan khususnya dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Implikasi dari penelitian ini bahwa kompetensi tenaga pendidik di SMAN 4 palu sudah memenuhi standar mutu yang ada pada sekolah itu sendiri karena 90% telah menyandang sebagai guru profesional dan telah dibuktikan dengan adanya pelatihan oleh tenaga pendidik dan sudah mencapai standar