KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH SEBAGAI KUNCI DALAM MEWUJUDKAN GOOD SCHOOL GOVERNANCE
Abstract
Penelitian ini akan melihat peran sentral dari kepemimpinan kepala sekolah selaku pimpinan tertinggi dalam sebuah organisasi; sekolah. Kepala sekolah memainkan peran yang sangat vital, terutama dalam mendorong akselerasi pembangunan di sekolah baik secara fisik maupun non fisik. Namun, penelitian-penelitian terkini jarang sekali menempatkan peran sentral kepala sekolah lebih khusus pada kepemimpinan mereka sebagai fokus dari studi. Kecuali untuk beberapa studi, namun itupun terbatas dengan melihat secara parsial antara kepemimpinan kepala sekolah dengan tata sekolah yang baik. Penelitian berlangsung di SMKN 4 Kota Palu dengan metode pengumpulan data berupa wawancara secara intensif. Artikel ini berpendapat bahwa kepemimpinan kepala sekolah sebagai salah satu kunci dalam mewujudkan Good School Governance. Artikel ini memperluas cara pandang dengan menempatkan kepemimpinan dengan tata kelola sekolah sebagai bagian yang integral, tidak terpisah. Studi ini berkontribusi pada upaya memahami manjemen pendidikan dengan melihat pada aspek kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan Good School Governance.
