ANALISIS INTEGRASI PROGRAM RENCANA KARIR PADA KURIKULUM TINGKAT SMA/SEDERAJAT DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini merupakan studi tinjauan pustaka naratif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan merangkum berbagai temuan penelitian terkait integrasi program rencana karir pada kurikulum tingkat SMA/sederajat di Indonesia. Penelitian dilakukan melalui literatur review dengan mengkaji berbagai artikel tentang integrasi program rencana karir pada kurikulum di tingkat SMA/sederajat, bimbingan karir, bimbingan dan konseling karir dan seluruh yang terkait dengan judul penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi rencana karir dalam Kurikulum Merdeka berlangsung melalui tiga pendekatan utama, yaitu: (1) layanan bimbingan dan konseling yang berorientasi pada asesmen potensi diri dan refleksi karir; (2) pemilihan mata pelajaran dan projek Profil Pelajar Pancasila (P5) yang memberikan ruang eksplorasi minat, kewirausahaan, dan dunia kerja; serta (3) kolaborasi ekosistem sekolah dengan dunia usaha, perguruan tinggi, dan masyarakat. Ketiga bentuk integrasi tersebut menegaskan pergeseran paradigma pendidikan karir dari pendekatan administratif menuju pendekatan kurikuler berbasis pengalaman belajar (experiential learning). Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas bagi peserta didik untuk merancang jalur karir sejak dini dan mengaitkannya dengan pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi rencana karir dalam Kurikulum Merdeka berpotensi memperkuat kesiapan karir siswa sekaligus menumbuhkan budaya belajar yang berorientasi pada kemandirian, refleksi, dan keberlanjutan karir di masa depan.