KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SDN MO0NROWALI MAMUJU UTARA
Abstract
Abstrak: Kompetensi Profesional Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa di SDN Monrowali Mamuju Utara
Penelitian ini membahas tentang “Kompetensi Profesional Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa di SDN Monrowali Mamuju Utara”. Peneliti ini berfokus pada: (1) Bagaimana kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pemebelajaran siswa di SDN Monrowali Mamuju Utara? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran siswa?
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pemebelajaran siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Agar data yang diperoleh terjamin validitas dan kredibilitasnya maka diadakan pengecekan keabsahan data.
Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran siswa di SDN Monrowali masih kurang, hal ini yang mengakibatkan efektivitas proses belajar mengajar yang ada di sekolah tidaklah maksimal. Selain itu pemahaman guru tentang kompetensi profesional masih kurang sehingga masih perlunya pemantapan tentang bagaimana kompetensi profesional dari segi teori dan pelaksanaannya. Faktor pendukung dalam kompetensi profesional guru terhadap efektivitas pembelajaran siswa yaitu motivasi, penguasaan kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan keterampilan. Sedangkan faktor penghambat Sarana prasarana yang masih kurang, guru nyaman dengan metode lama/konvesional, guru mengalami keterbatasan biaya untuk mengikuti kegiatan pelatihan, guru jarang mengikuti pelatihan pengembangan diri, dan kurangnya buku pembelajaran yang ada.
Adapun saran bagi pihak lembaga yaitu kompetensi profesional guru sangat berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa di sekolah sehingga guru dituntut untuk dapat menguasai standar kompetensi profesional guru yang ada.Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat lebih fokus pada aspek peningkatan efektivitas pembelajaran karena pada penelitian ini penulis lebih fokus pada kompetensi profesional guru.