Pengaruh Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Parigi
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah pelayanan akademik berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik di madarasah Aliyah Alkhairaat Parigi serta dari kedua variabel bauran variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik madrasah Aliyah Alkhairaat Parigi mulai dari kelas X sampai kelas XII yang berjumlah 210 orang. Dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 30 orang.Teknik pengumpulan data adalah obsevasi, dokumentasi, kuesioner dan analisis data yang di gunakan teknik analisis statistik sedangkan untuk menganalisis data kuantitatif menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil persamaan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana anatar variabel dari pelayanan akademik yang indikatornya terdiri dari kepercayaan, daya tanggap, jaminan, berwujud, dan perhatiansecara simultan di nyatakan sangat berpengaruh terhadap kepuasan peserta didik hal ini di karenakan nilai sig 0,194 yang lebih besar dari nilai 0,05 serta di dapatkan nilai F hitung sebesar 1,772 yang lebih besar dari nilai F tabel yaitu 4,20 yang berarti bahwa kepercayaan, daya tanggap, jaminan, berwujud, dan perhatian secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan peserta didikdengan besar nilai R yaitu 0,244. Hal ini berarti besarnya pengaruh indikator pelayanan akademikterhadap kepuasan peserta didik adalah sebesar 05,9% dan sisanya sebesar 94,1% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan yang di peroleh di atas disarankan bagi madrasah Aliyah Alkhairaat Parigi untuk lebih mengutamakan keprluan peserta didik, lebih sering-sering antar peserta didik dengan guru agar setiap keluhan yang di alami peserta didik bisa tersampaikan.