IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD ALKHAIRAT 1 PALU
Abstract
Penelitian ini bermaksud mengungkap peningkatan prestasi belajar Peserta Didik dengan diterapkannya pembelajaran discovery mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Indahnya Saling Menghargai Dalam Keragaman pada peserta didik kelas IV SD ALKHAIRAT 1 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat reflektif, partisipatif, kolaboratif, dan spiral. Lokasi, waktu, dan subjek penelitian mencakup peserta didik kelas IV SD ALKHAIRAT 1 Palu pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Data penelitian melibatkan kemampuan berpikir peserta didik yang diamati melalui pertanyaan dan jawaban selama diskusi. Data hasil penelitian diperoleh dari nilai ulangan harian. Prosedur pengumpulan data melibatkan observasi dan tes. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas IV SD ALKHAIRAT 1 Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Discovery Learning efektif meningkatkan hasil belajar PAI siswa, dan hasil positif pada siklus II menunjukkan bahwa tindakan perbaikan telah berhasil mencapai tujuan perbaikan tanpa perlu siklus lanjutan. Hal ini terlihat dari hasil tes belajar dari siklus I dan siklus II yang meningkat dari 62 % menjadi 85 %. Hasil observasi dalam penggunaan penerapan metode discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keragaman Sebagai Sunnatullah yang diikuti oleh siswa pada waktu tindakan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa yang berkategori baik dan memuaskan dengan rentang pada siklus II. Penggunaan penerapan metode discovery learning juga dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran PAI di SD ALKHAIRAT 1 Palu dan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan menarik bagi siswa.