PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENINGKATAN MANAJEMEN PELAYANAN MA’HAD AL-JAMI’AH UIN DATOKARAMA PALU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan manajemen pelayanan Ma’had Al-Jami’ah UIN Datokarama Palu dan Bagaimana cara pengambilan keputusan dalam peningkatan manajemen pelayanan Ma’had Al-Jami’ah UIN Datokarama Palu.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data pelalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pengambilan keputusan di Ma’had Al-Jami’ah UIN Datokarama Palu menggunakan cara semi otokrasi, selain itu terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat, yaitu sarana prasarana, anggara, program kerja dan SDM. 2) Pengambilan keputusan di Ma’had Al-Jami’ah UIN Datokarama Palu menggunakan cara semi otokrasi, dimana direktur mahad ketika mengambil suatu keputusan berdiskusi dengan pengurus lain berdasarkan keterangan-keterangan pendukung yang dapat menguatkan keputusan tersebut.
Implikasi penelitian agar pemimpin kebijakan dalam hal ini yaitu direktur Ma’had Al-Jami’ah UIN Datokarama Palu hendaknya lebih meningkatkan pelayanan di Ma’had Al-Jami’ah UIN Datokarama Palu dengan melengkapi sarana prasaran serta segala kebutuhan yang dibutuhakan mahasiswa demi menunjang terlaksann program Ma’had Al-Jami’ah UIN Datokarama Palu.