Revitalisasi Peran Guru Dan Sumber Belajar Pada Sekolah Madrasah Aliyah Alkhairaat Biromaru menghadapi Era Society 5.0.

  • Riska Elfira UIN Datokarama Palu
Keywords: Peran Guru, Sumber Belajar, Era Society 5.0

Abstract

Penelitian ini membahas Revitalisasi Peran Guru dan Sumber Belajar pada Sekolah Madrasah Aliyah Alkhairaat Biromaru, dengan rumusan masalah Bagaimana Revitalisasi Peran Guru dan Sumber Belajar di Sekolah Madrasah Aliyah Alkhairaat Biromaru menghadapi Era Society 5.0 dan Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam Revitalisasi Peran Guru dan Sumber Belajar di Sekolah Madrasah Aliyah Alkhairaat Biromaru menghadapi Era Society 5.0. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kulaitatif, dengan tehknik pengumpulan data, observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalah merevitalisasi peran guru dan sumber belajar dengan  memperkuat kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial seorang guru serta menyediakan fasilitas yang mendukung pembelajaran berbasis teknologi dengan penyediaan infokus pada setiap kelas.Beberapa kendala yang dihadapi berupa  kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan dan mengakses sumber belajar berbasis teknologi, masih ada guru yang belum memiliki laptop sendiri dan terdapat beberapa guru yang belum mampu mengemban peran secara maksimal, misalnya belum menyediakan perangkat pembelajaran secara lengkap dan belum mampu menyediakan sumber belajar yang berfariasi. Saran dalam penelitian ini diharapkan guru dapat mengikuti berbagai macam pelatihan khususnya pembuatan sumber berlajar berbasis teknologi dan  memaksimalkan peran guru dengan membuat perangkat pembelajaran secara yang lengkap.

Kata Kunci : Peran Guru, Sumber Belajar, Era Society 5.0

Published
2022-12-30
Section
Articles