PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL IMAN PALU
Abstract
Penelitian ini berkenaan dengan Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Partisipasi Kerja Guru di Madrasah Aliyah Darul Iman Palu. Berkenaan dengan hal tersebut, maka uraian dalam skripsi ini adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan kepala madrasah dalam meningkatkan kerja guru guna membentuk sikap disiplin para guru di Madrasah Aliyah Darul Iman Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data di lapangan dan analisisnya ditampilkan dalam bentuk narasi (uraian kalimat) yang dijelaskan hasilnya pada bab empat dan disimpulkan pada bab lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerja guru guna membentuk sikap disiplin para guru di madrasah Aliyah Darul Iman Palu. Kepala madrasah mengemban tugas dan tanggung jawab kepada kerja guru dalam tercapainya visi misi madrasah untuk membentuk sikap kedisiplinan para guru berdasarkan perencanaan kepala madrasah yakni kepada setiap para guru. Sedangkan dalam pelaksanaannya perilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kerja guru guna membentuk sikap kedisiplinan sudah berlangsung secara efektif, hal ini terlihat dengan perubahan tingkah laku para guru yang biasanya terlihat kurang berpartisipasi menjadi terlihat aktif di madrasah dan hal ini sudah cukup baik. Adapun implikasi/saran adalah untuk meningkatkan kinerja kepala madrasah dan guru dalam membentuk sikap kedisiplinan khususnya untuk tercapainya visi misi madrasah.