IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL AZHAR MANDIRI PALU

  • Jihan UIN Datokarama Palu
  • Sri Dewi Lisnawaty UIN Datokarama Palu

Abstract

Penelitian ini membahas tantang impementasi Penguatan pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Al Azhar Palu, dengan permasalahan Bagaimana implementasi penguatan
pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Azhar Mandiri Palu? Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Penguatan
Pendidikan Karakter di SMP Al Azhar Mandiri Palu dilakukan dengan cara mengintegrasikan ke
dalam tiga poin kegiatan yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam kegiatan
intrakurikuler, penguatan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran
dilakukan dengan penyusunan perangkat pembelajaran oleh semua pendidik dengan memuat nilainilai karakter yang akan dikembangkan. Nilai-nilai tersebut dicantumkan dalam silabus dan RPP,
yang selanjutnya dikembangkan dalam proses pembelajaran. Kegiatan kokurikuler dilaksanakan
sebagai pendukung kegiatan intrakurikuler yang dimaksudkan untuk lebih memperdalam dan
menghayati materi pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler di dalam kelas.
Contohnya dengan memberi tugas pekerjaan rumah, memperdalam materi dengan membaca bukubuku di perpustakaan yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran di kelas, maupun melakukan
percobaan dan praktek di laboratorium. Dalam hal ini nilai-nilai karakter yang dikembangkan adalah
nilai integritas, tanggung jawab dan mandiri. Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikuler di SMP Al
Azhar Mandiri dilaksanakan melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan keagamaan, olah raga dan
pembiasaan. Nilai karakter yang diharapkan pada kegiatan ekstrakurikuler adalah nilai religius,
berani, peduli lingkungan dan disiplin.

Published
2022-06-28
Section
Articles