PENGETAHUAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING SYARIAH
Keywords:
Pengetahuan; Literasi Digital; Minat
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh pengetahun dan literasi digital terhadap minat menggunakan mobile banking syariah. Sampel penelitian ini mahasiwa UIN Datokarama Palu angkatan 2022 yang ditentukan secara purposive. Tehnik analisis yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian pernyataan kuisioner menunjukkan bahwa validitas, realibilitas dan asumsi klasik memenuhi ketentuan standar nilai. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa pengetahun dan literasi berpengaruh positif signifikan terhadap minta menggunakan mobile banking syariah.
References
Amro, Putri Zafirah Nabila Dan Nur Fadjrih Asyik. “Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 10 No. 7, Juli 2021.
Ananda, Kurnia Dwi. Pengaruh Literasi Digital dan Pengetahuan Technopreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2018-2019. Skripsi: Universitas Jambi, 2023.
Anggraini, Rifani dan Nurul Inayah. Analisis Minat Nasabah Non-Muslim Untuk Melakukan Pembiayaan Pada PT. BPRS Gebu Prima Medan. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah 4(1), 2022.
Aziz, Yusuf Abdhul. “Metode Accidental Sampling: Cara dan Contoh”. https://deepublishstore.com/blog/metode-accidental-sampling. Diakses pada tanggal 24 juni 2024.
Bawono, Anton. Multivariate Anlysis dengan SPSS. Salatiga; STAIN Salatiga Press, 2006.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.
Gustina, Lili dkk. Analisis Pengetahuan, Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Minat Pengajuan Pinjaman PNS Melalui Mobile Banking Banki Pembangunan Daerah Jambi Cabang Tebo. Innovative: Journal of Social Science Research 3 (6), 2023.
Hamzah dan Purwati. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi, Perusahaan, Dan Akuntansi (COSTING), 3(1), 2019.
Hutagalung, Muhammad Abrar Kasmin. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Minat Masyarakat Pada Bank Syariah. Jurnal Al-Qasd, Vol. 1, No. 2, 2017.
Izzuddin, Muchammad Ghozi dan Inayah Ilahiyyah. Pengaruh User Interface, Brand Image, dan Digital Literacy terhadap Minat Penggunaan Bank Digital. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(1), 2022.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga, 2002.
..Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga, 2002.
Kustini, Siti dkk. Melampaui Literasi Tradisional: Pembelajaran Berbasis Multimodal untuk Membina Pembelajaran Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 20 (1), 2020.
Makmuriyah, Amatun Nur dan Kartika Marella Vanni. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking. Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis 5(1), 2020.
Marlius, Doni. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh. Jurmak, 3(1), 2016.
Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi revisi 2. Cet. V; Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.
.. Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi revisi 2. Cet. V; Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.
Maufiroh dkk. Studi Kasus: Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Produk, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat Tahun 2019–2022 Jurnal 4(1), 2023.
Maulana, Rian dkk. “Pengaruh Penggunaan Mobile banking Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Tecnology Acceptance Model”. Volume 2, Nomor 2, Oktober, 2018.
Mohammadyari, Soheila dan Harminder Singh. Understanding the effect of e- learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers & Education, Volume 8, 2015.
Notoadmodjo, Soekidjo. Metode Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta, Rinnekaa cipta, 2010.
Ortega, Daniel dan Anas Alhifni. Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Volume, 5(1).
Pambudi, Rizky Agung dkk. Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Keamanan, Dan Kemudahan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Mobile banking Bank Syariah Indonesia. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah 3(2), 2023.
Prasini, Krissandi Tunggal dan Susanti. Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking BCA, BNI, BRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2021.
Pratiwi, Widya Dwi dan Makhrus. Praktik Akad Wadi'ah Yad Dhamanah Pada Produk Tabungan Di Kantor Cabang Purwokerto Bank BRI Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 1, No. 2, 2018.
Puspita, Erna dan Mar’atus Solikah. FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money Pada Generasi Milenial. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 21(1), 2022.
Rahayu, Mita Yuli dan Ajeng Pipit Fitriani. Pengaruh Literasi Digital, Fitur Layanan Dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile banking Muamalat DIN Pnorogo (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia). Journal of Islamic Banking and Finance 2 (1), 2023.
Siregar, Sofyan. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Ed. 1 Cet. 1; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Sujarweni, V. Wiratna. Metodologi Penelitian (Lengkap, Praktis, dan Mudah DiPahami). Yogyakarta: Pustaka Baru Pres, 2014.
Suryani dan Hendryadi. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manegemen dan Ekonomi Islam, Cet. Ke-2. Jakarta: Prendamedia Group, 2015.
Tampubolon, Cecilia Malona Bucihaly. Pengaruh Brand Personality Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Aplikasi Livin By Mandiri Pada PT Bank Mandiri (Persero)TBK KCP The Flavor Blis Alam Sutera. Skripsi: STIE Indonesia Banking School, 2023.
Tiffani, Ignasia. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Journal Management, Business, and Accounting, 2023.
Umar, Husein. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Wicaksana, Arif dan T. Rachman. Statistika Perbankan Syariah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 2018.
Ananda, Kurnia Dwi. Pengaruh Literasi Digital dan Pengetahuan Technopreneurship Terhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Angkatan 2018-2019. Skripsi: Universitas Jambi, 2023.
Anggraini, Rifani dan Nurul Inayah. Analisis Minat Nasabah Non-Muslim Untuk Melakukan Pembiayaan Pada PT. BPRS Gebu Prima Medan. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah 4(1), 2022.
Aziz, Yusuf Abdhul. “Metode Accidental Sampling: Cara dan Contoh”. https://deepublishstore.com/blog/metode-accidental-sampling. Diakses pada tanggal 24 juni 2024.
Bawono, Anton. Multivariate Anlysis dengan SPSS. Salatiga; STAIN Salatiga Press, 2006.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.
Gustina, Lili dkk. Analisis Pengetahuan, Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Minat Pengajuan Pinjaman PNS Melalui Mobile Banking Banki Pembangunan Daerah Jambi Cabang Tebo. Innovative: Journal of Social Science Research 3 (6), 2023.
Hamzah dan Purwati. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi, Perusahaan, Dan Akuntansi (COSTING), 3(1), 2019.
Hutagalung, Muhammad Abrar Kasmin. Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Minat Masyarakat Pada Bank Syariah. Jurnal Al-Qasd, Vol. 1, No. 2, 2017.
Izzuddin, Muchammad Ghozi dan Inayah Ilahiyyah. Pengaruh User Interface, Brand Image, dan Digital Literacy terhadap Minat Penggunaan Bank Digital. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 12(1), 2022.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga, 2002.
..Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Erlangga, 2002.
Kustini, Siti dkk. Melampaui Literasi Tradisional: Pembelajaran Berbasis Multimodal untuk Membina Pembelajaran Literasi Digital Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 20 (1), 2020.
Makmuriyah, Amatun Nur dan Kartika Marella Vanni. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking. Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis 5(1), 2020.
Marlius, Doni. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh. Jurmak, 3(1), 2016.
Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi revisi 2. Cet. V; Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.
.. Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi revisi 2. Cet. V; Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.
Maufiroh dkk. Studi Kasus: Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Produk, Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Masyarakat Tahun 2019–2022 Jurnal 4(1), 2023.
Maulana, Rian dkk. “Pengaruh Penggunaan Mobile banking Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Tecnology Acceptance Model”. Volume 2, Nomor 2, Oktober, 2018.
Mohammadyari, Soheila dan Harminder Singh. Understanding the effect of e- learning on individual performance: The role of digital literacy. Computers & Education, Volume 8, 2015.
Notoadmodjo, Soekidjo. Metode Penelitian Kesehatan Edisi Revisi. Jakarta, Rinnekaa cipta, 2010.
Ortega, Daniel dan Anas Alhifni. Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Volume, 5(1).
Pambudi, Rizky Agung dkk. Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Keamanan, Dan Kemudahan Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan Mobile banking Bank Syariah Indonesia. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah 3(2), 2023.
Prasini, Krissandi Tunggal dan Susanti. Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Digital dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking BCA, BNI, BRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2021.
Pratiwi, Widya Dwi dan Makhrus. Praktik Akad Wadi'ah Yad Dhamanah Pada Produk Tabungan Di Kantor Cabang Purwokerto Bank BRI Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol. 1, No. 2, 2018.
Puspita, Erna dan Mar’atus Solikah. FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money Pada Generasi Milenial. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 21(1), 2022.
Rahayu, Mita Yuli dan Ajeng Pipit Fitriani. Pengaruh Literasi Digital, Fitur Layanan Dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile banking Muamalat DIN Pnorogo (Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia). Journal of Islamic Banking and Finance 2 (1), 2023.
Siregar, Sofyan. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Ed. 1 Cet. 1; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Sujarweni, V. Wiratna. Metodologi Penelitian (Lengkap, Praktis, dan Mudah DiPahami). Yogyakarta: Pustaka Baru Pres, 2014.
Suryani dan Hendryadi. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manegemen dan Ekonomi Islam, Cet. Ke-2. Jakarta: Prendamedia Group, 2015.
Tampubolon, Cecilia Malona Bucihaly. Pengaruh Brand Personality Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Aplikasi Livin By Mandiri Pada PT Bank Mandiri (Persero)TBK KCP The Flavor Blis Alam Sutera. Skripsi: STIE Indonesia Banking School, 2023.
Tiffani, Ignasia. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. Journal Management, Business, and Accounting, 2023.
Umar, Husein. Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2000.
Wicaksana, Arif dan T. Rachman. Statistika Perbankan Syariah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 2018.
Published
2025-06-30
How to Cite
Nurul Fitrah, aurenza, Pakawaru, I., & Ferdiawan. (2025). PENGETAHUAN DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE BANKING SYARIAH . Jariyah: Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 352 - 371. https://doi.org/10.24239/jariyah.v2i2.4066.352 - 371
Section
Articles