Nilai-Nilai Pendidikan pada Ayat-Ayat Tasybih dalam Surah Al Baqarah (Analisis Ilmu Bayan)
Abstract
Penelitian ini secara khusus menelaah penggunaan gaya bahasa yang terdapat dalam QS Al-Baqarah untuk menarik kesimpulan dari nilai-nilai pendidikan dalam surah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research. Sementara sumber data ialah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data sesuai dengan pokok kajian kemudian disaring dan dituangkan ke dalam pemikiran teoretis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan pada ayat tasybīh yang terdapat dalam QS.2 17-19 ialah nilai-nilai dari keimanan, ketauhidan, dan ketaatan. Karena setiap aspek pendidikan mengandung beberapa unsur pokok yang mengarah kepada pemahaman dan pengamalan Islam yaitu keimanan, ketauhidan dan ketaatan.
References
al-Maẖallī, J., & al-Suyūthī, J. (n.d.). Tafsīr al-Jalālain. Jld.
Al-Ṣābūny, M. A. (1997). Ṣafwat al-Tafāsīr. Dār Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah, Beirut, Tanpa Tahun.
Arifin Hakim, M. (2001). Ilmu Budaya Dasar, Teori Dan Konsep Ilmu Budaya Cet. I. Bandung: Pustaka Satya.
Badaruddin, K., & Zubaedi. (2007). Filsafat pendidikan Islam:(analisis pemikiran Prof. Dr. Syed Muhammad Al-Naquib al-Attas) (Zubaedi (ed.)). Pustaka Pelajar.
Hayyan, I., & Isnah, M. (2002). Diskursus Pendidikan Islam ,. Yogyakarta, Global Pustaka Utama.
Katsir, I. (2005). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1 (Part 2). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, 293.
Muhaimin, & Mujib, A. (1997). Pemikiran pendidikan Islam : kajian filosofis dan kerangka dasar operasionalisasi. Bandung Trigenda Karya.
Qut͎b, S. (2011). Fī Zilāl al-Qur’ān. Kaherah: Dār al-Shurūq.
Rosyadi. (2008). Pendidikan Profetik. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shihab, Q. (2009). Tafsir Al Misbah jilid 1, 2, 3, 10, 13, 14. Jakarta: Lentera Hati.
Sidi Gazalba. (1973). Sistematika Filsafat. Jakarta, Bulan Bintang.
Soenarjo, Ad. (1971). Al-Qur’an dan terjemahan. Penerbit Yayasan Penyelenggaran Penerjemah/Penafsir Al-Quran Jakarta.
Toha, C. (2002). Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam. Semarang: IAIN Walisongo Press.