Peran Ma’had Umar bin Khattab (MUBK) Yogyakarta dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Materi Keislaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untk mengeksplorasi peran Lembaga kursus bahasa Arab, Ma’had Umar bin Khattab (MUBK) Yogyakarta dalam pembelajaran bahasa Arab dan materi keislaman bagi masyarakat. Untuk tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam bentuk field research. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi dan dokumentasi, wawancara, dan pengisian kuisioner. Analisis data bersifat induktif kualitatif, yakni berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan, kemudian dikonstruksikan menjadi hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MUBK berperan nyata dalam proses pembelajaran bahasa Arab dan materi keislaman sejak tahun 2002 hingga saat ini, meski kondisi pandemic Covid-19 sekalipun. Bentuk peran tersebut tampak pada kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang terstruktur, program yang jelas, pengajar yang kompeten di bidangnya serta fleksibilitas waktu adalah daya jual yang “dibeli” oleh peminatnya
References
Ahmad falah. (2013). Dimensi -Dimensi Keberhasilan Pendidikan Bahasa Arab Di Sd Nu Mafatihul Ulum Demangan Kudus. Arabia, 5(2), 163–198. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v5i2.1386
Edy, S. (1994). Teori peran : konsep, derivasi dan implikasinya / Edy Suhardono ; pengantar, Sarlito Wirawan Sarwono. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Evi Nurus Suroiyah, & Dewi Anisatuz Zakiyah. (2021). Perkembangan Bahasa Arab Di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60–69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302
Fatkhurrohman, F. (2018). Sistem Pengajaran Bahasa di Indonesia dan Problem Bahasa Arab Secara Aktif. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(01), 92–103. https://doi.org/10.32699/liar.v1i01.195
Hartati, I. N. dan S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial & Pendidikan. In Lutfiah (Ed.), Media Sahabat Cendekia. Surabaya, Media Sahabat Cendekia.
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.286
Jabir, M. (2018). KOSA KATA BAHASA ARAB DAN HUBUNGANNYA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 5(2), 329–360. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/ist.v5i2.271
M. Asy’ari, M. A. (2016). Komparasi Nahwu Dalam Bahasa Arab Dan Sintaksis Dalam Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Palu. Istiqra, 4(2), 365. https://doi.org/10.24239/istq.v4i2.213.365-387
Naim, N. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia,” in Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia, 7–39. https://www.kbbi.web.id/
Roekhan, N. dan. (1990). Dimensi-Diemensi Dalam Belajar Bahasa Kedua (Y. Sumiharti (ed.)). Jakarta, Penerbit Erlangga.
Setiady, P. A. H. U., & Usman, H. (2014). Metodologi Penelitian Sosial. Bandung: Bumi Aksara.
Supardi, S. (2018). Model Pembelajaran Bahasa Arab Terpadu di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 13. https://doi.org/10.18326/lisania.v2i1.13-27
Ubadah. (2018). METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCAKAP MAHASISWAFTIK IAIN (Studi pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab). Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 4(1), 145–174. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/ist/article/view/204
YouTube. (n.d.). Retrieved June 3, 2022, from https://www.youtube.com/watch?v=KvPs6oITjio
Yusuf, M. (2019). Psikolinguistik Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Postmetode. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 183. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.123