IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL AZHAR MANDIRI PALU

Main Article Content

Jihan
Sri Dewi Lisnawati

Abstract

Penelitian ini membahas tantang impementasi Penguatan pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Azhar Palu, dengan permasalahan Bagaimana implementasi penguatan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Azhar Mandiri Palu? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Al Azhar Mandiri Palu dilakukan dengan cara mengintegrasikan ke dalam tiga poin kegiatan yaitu intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam kegiatan intrakurikuler, penguatan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan  dalam setiap mata pelajaran dilakukan dengan penyusunan perangkat pembelajaran oleh semua pendidik dengan memuat nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan. Nilai-nilai tersebut dicantumkan dalam silabus dan RPP, yang selanjutnya dikembangkan dalam proses pembelajaran. Kegiatan kokurikuler dilaksanakan sebagai pendukung kegiatan intrakurikuler yang dimaksudkan untuk lebih memperdalam dan menghayati materi pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler di dalam kelas. Contohnya dengan memberi tugas pekerjaan rumah, memperdalam materi dengan membaca buku-buku di perpustakaan yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran di kelas, maupun melakukan percobaan dan praktek di laboratorium. Dalam hal ini nilai-nilai karakter yang dikembangkan adalah nilai integritas, tanggung jawab dan mandiri. Sedangkan untuk kegiatan ekstrakurikuler di SMP Al Azhar Mandiri dilaksanakan melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan keagamaan, olah raga dan pembiasaan. Nilai karakter yang diharapkan pada kegiatan ekstrakurikuler adalah nilai religius, berani, peduli lingkungan dan disiplin.

Article Details

How to Cite
Jihan, & Lisnawati, S. D. (2021). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL AZHAR MANDIRI PALU. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 9(2), 69-94. https://doi.org/10.24239/ist.v9i2.804
Section
Articles
Abstract - 25