PERANAN BOARDING SCHOOL DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MAN 2 PALU

  • Ubadah IAIN Palu
Keywords: boarding school, pendidikan bahasa arab

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan peranan boarding School dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Arab peserta didik di di MAN 2 Palu  dengan pokok permasalahan “Bagaimana peranan boarding school MAN 2 Kota Palu dalam upaya meningkatkan pemehaman bahasa Arab peserta didik di MAN 2 Kota Palu. adapun sub permasalahannya adalah bagaimana langkah-langkah yang ada di boarding school dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Arab peserta didik di Madrasah Aliah Negeri 2 Kota Palu? dan metode apa saja serta strategi apa yang dipakai dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Arab melalui boarding school di Madrasah Aliah Negeri 2 Palu? Berdasarkan pokok permaslahan, maka penelitiaan adalah penelitian lapangan (field research) yang bercorak deskriptif kualitatif yang dipadu dengan data  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan boarding school dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Arab peserta didik di Madrasah Aliah Negeri 2 Kota Palu sangat besar dalam meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mampu berbahasa Arab dengan langkah-langkah sudah teratur dan terogranisir dengan baik seperti kegiatan bimbingan belajar sore dn malam hari, pembiasaan berbahasa Arab, pemberian hafalan mufradat pasa subuh hari, pemberian sanksi berupa hafalan kosa kata, dan adanya tim penggerak bahasa yang bekerja untuk memantau kedisiplinan peserta dalam berbahasa Arab. Adapun metode dan startegi yang diterapkan dalam boarding school dalam kaitannya dengan upaya peningkatan kemampuan berbahasa arab peserta didik di MAN 2 Palu. Implikasi penelitian ini diharapkan  para guru/pembina maupun pengelola di Islamic Boarding School MAN 2 Kota Palu lebih intensif lagi memberikan bimbingan bahasa Arab dan terus berusaha meningkatkan minat peserta didik untuk masuk dalam program boarding school di MAN 2 Kota Palu.

Published
2021-10-12
How to Cite
Ubadah. (2021). PERANAN BOARDING SCHOOL DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI MAN 2 PALU. ISTIQRA: Jurnal Hasil Penelitian, 9(1), 107-124. https://doi.org/10.24239/ist.v9i1.786