MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DI MA AL-IRSYAD LALONGGASUMEETO KABUPATEN KONAWE
Abstract
One quality learning model is the quantum learning model, this learning model can provide knowledge to students. Therefore, this research aims to find out and understand how the quantum learning model is implemented at MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto, Konawe Regency. This research is qualitative research with a qualitative descriptive approach using interview, observation, and documentation data collection techniques. In contrast, the data analysis used is data reduction techniques, data display, checking the validity of the data through triangulation, and then concluding. The research results show that the quantum learning model applied by teachers can improve the quality of students' learning at Al-Irsyad Lalonggasumeeto Madrasah, Konawe Regency. At the same time, it can provide a solution to the main cause of the low quality of learning at Madrasah Al-Irsyad Lalonggasumeeto, Konawe Regency, so that the learning achievement of each student can be increased. As student achievement increases, a teacher's achievement increases in preparing plans or patterns used in conducting learning. This increase in achievement is directly proportional to his ability to utilize technology in the learning process at MA Al-Irsyad Lalonggasumeeto Konawe Regency
References
A. A. I. N. , Huda, N. Marhaeni, A. A. I. N. “Pengaruh Pembelajaran Quantum dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV Sdn 3 Pancor”. Jurnal Pendidikan Dasar, 3.1, 2013.
AACTE, 21 Century Knowledge and Skills in Educator Preparation. USA: American Association of Collage Teaching Education, 2013.
Abdullah. Prestasi Belajar. Malang: UIN, 2019.
Afifah, Nur. ”Efektifitas Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Manongki Kab. Takalar” Tesis. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2017.
Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya Kualitatif, Dasar-dasar Merancang dan. Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Dunia Pustaka Jaya, 2017.
Aminatum, “Pengaruh Motivasi Belajar dan Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Singaraja”, Tesis. Bali: Universitas Pendidikan Ghanesha, 2019.
Anonim, Belajar dan Pembelajaran. Semarang: FIP IKIP Semarang, 2018.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Cet. III; Jakarta Bumi Aksara, 2019.
Bannon, Blanche W. O’. dan Kathleen Puckett, Preparing To Use Technology A Practical Guide To Curriculum Integration. United States of Amerika: t.p., 2007.
Basyurudin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2012.
Chatib, Munif. Gurunya Manusia Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2016, h. 35.
Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Darmawan, Deni. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2020.
-----------, Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013.
Depdikbud. Evaluasi dan Penilaian. Proyek Peningkatan Mutu Guru. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2013.
DePorter, Bobbi. Mark Reardon, dan Sarah Singer Nourie, Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Bandung: Kaifa, 2015.
-----------, Pembelajaran Quantum. Bandung: Kaifa, 2018.
Djamaroh, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Dwiyogo, Wasis D. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Depok: Rajawali Pers, 2018.
Fathurrohman, Muhammad. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
Fuadah, Alfi zahrul. "Pengaruh penggunaan model quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII di smp negeri 1 air hitam kabupaten lampung barat tahun pelajaran 2016/2017", Jurnal Pendidikan, no. 1 (2016): h. 19-20.
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Hartono, dkk. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Sebagai Inovasi Pembelajaran yang Tidak Mengenal Ruang dan Waktu di Kota Palembang”. Jurnal Pendidikan. diakses (12 April 2021).
Hasan, M. Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistik 2 Statistik Inferensial. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2014.
Herfinayanti, Bunga Dara Amin, Aisyah Azis. "Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa." Jurnal Pendidikan Fisika-Journal of Physics Education 5, no.1 (2017): h. 61-74, h. 64-65.
Hernacki, Mike. Bobbi DePorter. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Kaifa PT Mizan Pustaka, 2013.
Hidayah, Banawati Nur. “Pola Asuh Orang Tua Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini di Dukuh Branglor Mancasan Baki Sukoharjo”, Tesis. Surakarta: IAIN Surakarta, 2017.
Hidayat Nur. “Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Mi Kresna Mlilir Madiun”, Thesis. IAIN Ponorogo: Madiun, 2022.
Huda, N. Marhaeni, A. A. I. N. “Pengaruh Pembelajaran Quantum Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas IV Sdn 3 Pancor”, Jurnal Pendidikan Dasar 3, no.1 (2013): h. 37.
Imaduddin, Muhamad. "Modul Q-SETS sebagai Rekayasa Bahan Ajar Kimia yang Bermuatan Quantum Learning dan Bervisi Salingtemas." JURNAL PENDIDIKAN SAINS (JPS) 1, no.1 (2013): h. 26-36.
Irawan, Dedi. dkk. "Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MI Negeri 3 Lampung Barat." jmpa (jurnal manajemen pendidikan al-multazam) 1.1 (2019), h. 23.
Kadir. Statistika Terapan Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.
Kementerian Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Cet. 1: Bandung; Diponegoro, 2013.
Khoerunnisa, Putri. dkk., “Analisis Model-Model Pembelajaran”, Jurnal Pendidikan Dasar l.4, No.1 (2020): h. 4.
Komariyah, Siti. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Multimedia Pembelajaran Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Tangen”, Tesis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.
Lafendry, F. “Implementasi ICT Dalam Pembelajaran”, Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 5, no.1 (2022), h. 37-49.
Lahagu, Arianto. Penerapan Pembelajaran Quantum. DIDAKTIK IKIP Gunungsitoli, vol. 12 no. 2 (Oktober 2018).
Lumbantoruan, Iyan. “Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran Quantum Tipe TANDUR untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Siswa Kelas VII SMPN 2 Lumbanjulu”, Jurnal Pendidikan 1, no.1 (2015): h. 2.
Mansur, Didik M. Arief. Cyber Law Aspek Hukum Teknologi Informasi. Cet. II; Bandung: PT. Rapfika Aditama, 2019.
Marfiyanto, Ahmad Safi’I. Siti Kholidatur Rodiyah, ”Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruh”, Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2 (2018): h. 120.
Marzuki, Pendidikan Karakter Mahasiswa melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Ombak, 2012.
Mawarni, Fitriyana. Yessi Fitriani, “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin”, Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia 9, No 2 (2019): h. 4.
Mawarni, Fitriyana. Yessi Fitriani. “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin”, Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia 9, No 2 (2019): h. 4.
Muthoharoh, Merlina Fitria. “Implementasi Quantum Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Walisongo Karangmalang Kabupaten Seragen Tahun Pelajaran 2018/2019”, Tesis, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2020.
Nasir, Moh. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia, 2014.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2016.
Nilfitra. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Keteladanan Sifat Nabi Adam As. Di Sekolah Dasar Negeri 003 Sukajadi Pekanbaru”. Tesis, Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2011.
Nursamsu. Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT sebagai Kegiatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang, http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/9691/7671, diakses (12 April 2021).
Oemar, Hamalik. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2016.
Oktavia, Yunisa. “Pengaruh Metode Quantum Learning Berbasis Media Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa di Universitas Putera Batam”, Tesis. Batam: Universitas Putra Batam, 2017.
Pilomonu, Ikbal. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Information Comunication and Technologi (ICT) di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo”, Tesis, Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, 2018.
Pratini, Siti. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing, 2012.
Prawiradilaga, Dewi Salma Prawiradilaga, dkk. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2013.
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2017.
R. D, Nainggolan, B., & Sinaga. “Penerapan Model Quantum Teaching Menggunakan Media Peta Konsep dalam Pembelajaran Struktur Atom di Kelas X SMA”. Jurnal Pendidikan Kimia, no. 7. 3. 2015.
Rahim, Muhammad Yusuf. Pemanfaatan ICT sebagai Media Pembelajaran dan Informasi pada UIN Alauddin Makassar, http://103.55.216.56 /index.php/sls/article/view/1408/1365, diakses (11 April 2021).
Rimm, Sylvia. Smart Parenting, Mendidik Anak dengan Bijak. Jakarta: PT Grasindo, 2014.
Rusman, dkk. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
-----------, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi 1, Jakarta: Rajawali Pres, 2012.
S. B., Achmad Rantes. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik” http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/17 diakses (17 Mei 2022).
Saat, Sulaiman. Sitti Mania, Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Gowa: Pustaka Almaida, 2019.
Sagala Syaiful. Konsep dan Makna Pembelajaran. Cet. III; Bandung: AlfaBeta, 2018.
Said, Salman. “Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Pembangunan Pertanian Negeri Rea Timur Kabupaten Polewali Mandar”. Tesis, Parepare: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, 2020.
Salafudin, “Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Pendidikan (2017): h. 89.
Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Cet. II; Jakarta: Kencana Prenada Media, 2014.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Sudaryana, Bambang. Ricky Agusiady. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish, 2022.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
-----------, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sunaryo, ”Prinsip-prinsip Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Meningkatkan Keefektifan Proses Pembelajaran IPA di SD di Kodya Tegal”, Jurnal Pendidikan 2, No.1 2021.
Sundari, Hanna. “Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing”, Jurnal Pujangga 1, No.2 (2015): h. 110.
Syafi’I, Ahmad. “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek Dan Faktor yang Mempengaruhi”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol.2, no. 2. 2018.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Thahir, Andi. “Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang, Lampung: IAIN Raden Intan”, Jurnal bimbingan Konseling 1, no. 2 (2014): h. 55.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2013.
Uno, Hamzah B. Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.
Usman, Basyurudin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2022.
Wahab, Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT: Konsep dan Aplikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2018.
Zembylas, “Emotional Ecology: The Intersection of Emotional Knowledge and Pedagogical Content Knowledge in Teaching”. Journal Education: Teaching and Teacher Education, 2015.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.