PENGARUH BAHAN AJAR HANDOUT DAN BUKU TEKS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMP NEGERI 2 BAROMBONG

  • Nur Aisyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • syahruddin Usman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Syamsuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Penerapan Bahan Ajar, Motivasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan bahan ajar handout terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Barombong. Penelitian ini memiliki pendekatan kuantitatif. Sementara besar sampel untuk penelitian ini adalah 64 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan bahan ajar handout pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam berada dikategori tinggi. Sementara pemanfaatan buku ajaran Pendidikan Agama Islam berada di kategori sedang. Kemudian motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan. Sedangkan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol termasuk dalam kategori rendah sementara posttest menunjukkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan. Kemudian perbedaan pengaruh penggunaan handout dan buku ajar terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan korelasi

References

Departemen Agama, R. I. (2010). Al-Qur’an Tajwid dan terjemah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(1), 100–108.
Fuad, I. (2005). Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.
Muljono, D., & IMMIM, P. (2011). Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Press.
Pannen, P. (2001). Penulisan bahan ajar. Jakarta: Penerbit PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Prastowo. (2020). Bahan Ajar Pendidikan. FKIP Universitas Jambi.
Ramayulis, H. (2005). Metodologi pendidikan agama Islam. Kalam Mulia.
Sabda, S. (2006). Model kurikulum terpadu IPTEK dan IMTAQ: desain, pengembangan dan implimentasi. PT. Ciputat Press Group.
Sanjaya, W., & Pd, M. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode Dan Prosedurnya. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group.
Saputro, E., Widodo, M., & Rusminto, N. E. (2014). Pengembangan bahan ajar menulis berbasis nilai-nilai kearifan lokal. J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(1).
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM.
Shihab, M. Q. (2006). Wawasan al-Qur’an tentang zikir dan doa. Lentera Hati Group.
Undang-Undang, R. I. (2003). no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Yanti, S., Erlamsyah, E., Zikra, Z., & Ardi, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1).
Published
2022-12-30
How to Cite
Aisyah, N., Usman, syahruddin, & Syamsuddin. (2022). PENGARUH BAHAN AJAR HANDOUT DAN BUKU TEKS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI SMP NEGERI 2 BAROMBONG. ISTIQRA, 10(2), 277 - 299. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/ist/article/view/1756
Abstract - 7