PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA OU KECAMATAN RIO VAKAVA KABUPATEN DONGGALA PROVINSI SULAWESI TENGAH

  • Suharnis Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
  • Ismail Pengeran Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu
Keywords: Pandangan Masyarakat, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pandangan masyarakat di Desa OU tentang pendidikan agama Islam, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dari data yang telah dikumpulkan menunjukkan hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat di Desa OU yang umumnya berasal dari suku Tado memiliki pandangan tentang pendidikan agama Islam sebagai sebuah proses dalam menanamkan nilai-nilai baik yang bersumber dari ajaran Islam seperi pembentukan kepribadian, kedisplinan pada diri anak. Sekaligus motivasi bagi orang tua untuk mempersiapkan pendidikan agama Islam bagi anak sejak dini, sebab anak adalah amanah yang harus dijaga dan untuk menjaganya orang tua harus mempersiapkan pendidikan agama Islam sedini mungkin

References

An-Nahlawi, A. (1989). prinsip-prinsip dan metode pendidikan Islam, terj. Noer Ali. Bandung: Darul Fijr.
Arsyad, A. (2016). Media pengajaran.
Hasraawati, B. (2021). PERSEPSI ORANG TUA SISWA DAN PIHAK SEKOLAH TERHADAP ANAK PUTUS SEKOLAH DI DESA KONTUMERE. Jurnal Penelitian Pendidikan Sejarah UHO, 6(1), 105–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpps.v6i1.19304
Kulyawan, R. (2015). Studi Kasus Tentang Anak Putus Sekolah Di Kecamatan Moutong. Edu Civic, 3(2).
Mukti, R. A. (2022). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Donggala 2022. Badan Pusat Statistik Kabupaten Donggala. https://donggalakab.bps.go.id/publication/2022/12/28/755cfe4621b8304a67da9071/statistik-kesejahteraan-rakyat-kabupaten-donggala-2022.html
Musa, M. Y. (1988). Al-Islam Wa al-Hajat al-Insaniyyat Ilaih. Diterjemahkan A. Malik Madani dan Hamim Ilyas dengan Judul “Islam Suatu ….
Putri, A. E., Trisnaningsih, T., & Nugraheni, I. L. (2018). Faktor-faktor penyebab anak putus sekolah jenjang pendidikan dasar. JPG (Jurnal Penelitian Geografi), 6(5).
Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.
Robe, M., & Sinar, M. K. (2018). Penyebab Anak Sekolah Dasar Putus Sekolah Di Desa Ranggi Kecamatan Wae Ri’I Kabupaten Manggarai. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 18–26.
Syahrul Miftahul Saleh, O. T. A. (2021). ANAK PUTUS SEKOLAH (STUDI PADA MASYARAKAT KALONGKO, KELURAHAN BONTORAYA KECAMATAN BATANG KABUPATEN JENEPONTO). Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1(3), 77–86. https://ojs.unm.ac.id/jser/article/view/26537
Syamsul, A., Rustan, I. R., & Syaeba, M. (2021). Studi Tentang Anak Putus Sekolah di Desa Ratte Kecamatan Tutar. Journal Peqguruang, 3(2), 519–521.
Windy, M. (2015). Studi tentang penyebab anak putus sekolah pada masyarakat nelayan desa ogomoli kecamatan galang kabupaten tolitoli. Jurnal Untad. Vol, 3.
Published
2022-12-30
How to Cite
Suharnis, & Pengeran, I. (2022). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA OU KECAMATAN RIO VAKAVA KABUPATEN DONGGALA PROVINSI SULAWESI TENGAH. ISTIQRA, 10(2), 259 - 276. Retrieved from https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/ist/article/view/1754
Abstract - 11