PEMANFAATAN MEDIA WHATSAP DAN SELF REQULATED TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTs. DDI KABUPATEN BULUKUMBA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media whattsApp terhadap hasil belajar Akidah Akhlak pada siswa kelas VII di Mts. DDI Baburridha Sawere Desa Bontoraja Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah retrospektif. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTS DDI, dengan jumlah sampel 40 individu yang diambil dari populasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel penggunaan Whatsapp dan media swadaya memiliki pengaruh gabungan terhadap hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa harus dapat menggunakan media whattsApp secara efektif, siswa yang mandiri harus diterapkan secara tepat, bahwa Madrasah dapat menggunakan pembelajaran dengan media whattsApp sebagai masukan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, dan inovasi tersebut dalam pembelajaran aktif yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar Akhlak Akidah sudah tepat
References
Aprilia, N. D. (2021). PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL INDONESIA. Ekonomi Pertahanan, 7(2), 245–259.
Ar, S., & Damaianti, V. S. (2011). Metode penelitian pendidikan bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran; Edisi revisi. Jakarta: Jakarta, Rajawali Pers.
Endah, T., Dimas, A., & Akmal, N. (2017). Kajian dampak penggunaan media sosial bagi anak dan remaja (Vol. 1). Puskakom UI.
Fahreza, R. (2020). 10 Macam Media Sosial yang Paling Sering Digunakan Oleh Orang Indonesia | merdeka.com. Retrieved August 29, 2022, from Merdeka.com website: https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html
Farizi, M. K. Al. (2021). Mengenal Brian Acton, Pendiri WhatsApp yang Kini Jadi Bos Signal - Tekno Tempo.co. Retrieved August 29, 2022, from Tempo.com website: https://tekno.tempo.co/read/1423111/mengenal-brian-acton-pendiri-whatsapp-yang-kini-jadi-bos-signal
Hamid, D. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
Harahap, A. C. P. (2020). COVID 19: SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA. AL-IRSYAD, 10(1). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7646
Hidayat, M. Y. (2022). Manajemen Keuangan Pendidikan. Journal Idaarah, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27545
Khusaini, K., Suyudi, A., Winarto, W., & Sugiyanto, S. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 1. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6462
Kominfo. (2013). Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang | Portal Resmi. Retrieved August 29, 2022, from Kominfo Indonesia website: https://kominfo.go.id:443/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Jakarta, kencana prenada media.
Larasati, W. (2020). dkk. 2013. Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp sebagai Sarana Diskusi Pembelajaran Pada Mahasiswa (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Miladiyah, A. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Messenger Info dalam Pemberian Informasi dan Peningkatan Kinerja pada Sub Bagian Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Diakses Dari Http://Digilib. Unhas. Ac. Id/Uploaded_files/Tem Porary/DigitalCollection/YjI5ZDdmNGMyZDFmYzAwZjY0ZTY2Y2UyMjU5NzU0NDk1NmUyMTRmYw==. Pdf.
Nur Azizah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-HADITS. Jurnal Literasiologi, 6(1), 97–117. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i1.242
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan Di Kelas V SDN Sepanjang 2. Jakarta: CV Kekata Group.
Purwanti, K. N., Magdalena, I., Agustina Silitonga, E., & Silfia, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Masa Pandemi di SDN Panunggangan 1. Jurnal Sosial Sains, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.36418/sosains.v1i2.28
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Rosyid, M. Z. (2020). PRESTASI BELAJAR (Edisi 2). Malang: Malang, CV Literasi Nusantara Abadi.
Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2021). Ragam media pembelajaran. Malang: Malang, CV Literasi Nusantara Abadi.
Rusli, M., Hermawan, D., Supuwiningsih, N. N., & Bali, S. (2017). Multimedia pembelajaran yang inovatif: Prinsip dasar dan model pengembangan. Yogyakarta: Yogyakarta, Penerbit Andi.
Setyowati. (2021). MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs NEGERI 1 PURWOREJO. IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 115–133. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.196
Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Revisi. Alfabeta.
Syafaruddin, S. (2019). Burhanuddin. Guru Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Yogyakarta: Deepublish.
Viena, Y. (2021). POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS TERHADAP SELF REGULATED LEARNING PADA ANAK. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 5(12), 904–914.
Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Jakarta: Jakarta, kencana prenada media.