TEORI HUMANISTIK DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 BIMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, mendesktipsikan pengaruh, mengidentifikasi faktor penghambat dan mengatasi faktor penghambat penerapan teori humanistik dalam pembelajaran akhlak di MAN 2 Bima. Penelitian ini kualitatif dengan metodologi studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama penerapan teori humanistik dalam pelajaran akhlak diaplikasikan ke dalam metode diskusi, kedua pengaruh penerapan teori humanistik dalam pelajaran aqidah akhlak dilihat dari kemampuan siswa untuk mengembangkan dan menggali potensi dirinya. Kemudian, faktor yang menghambat antara lain siswa yang kurang memperhatikan tidak memahami materi pelajaran. Kemudian rata-rata kehadiran lebih rendah dari yang lain. Sementara untuk mengatasi hambatan guru harus melakukan pendekatan dan motivasi
References
Al-Ghazali, M. (2005). Akhlak seorang muslim. Victory Agencie.
AMRAL, S. P., & ASMAR, S. P. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. GUEPEDIA.
ANDRIADI. (2020). KONSEP HUMANISME ISLAM DALAM PERSPEKTIF BUYA HAMKA DAN AKTUALISASINYA DI INDONESIA [Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/12051/#:~:text=Aktualisasi konsep humanisme Islam dalam perspektif Buya Hamka,semboyan Negara Republik Indonesia yaitu bhineka tunggal ika.
Aniati, A., & Warastuti, R. (2014). MEKANISME KINERJA GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENCAPAI PEMBELAJARAN YANG OPTIMAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE KOTA PALU. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 2(2), 472–496.
Ardiansyah, A., & Nadirah, S. (2014). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM METODE PEMBERIAN TUGAS DI KELAS IV SDN INPRES 3 TALISE. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 2(2), 296–308.
Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan islam. Ciputat Pers.
Arif, Z., & Zulfitria, M. P. (2021). Pendidikan Berbasis Al-Qur’an. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Departemen Agama, R. I. (2010). Al-Qur’an Tajwid dan terjemah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.
Husni, M. (2016). Studi Pengantar Pendidikan Agama Islam. ISI Padangpanjang.
Indonesia, U.-U. D. N. R., & Indonesia, U.-U. D. N. R. (1945). Tahun 1945. Jakarta, Gramedia.
Istiadah, F. N. (2020). Teori-teori belajar dalam pendidikan. Edu Publisher.
Kutsiyyah, K. (2019). PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Duta Media Publishing.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran (Edisi 1 Ce). Deepublish.
Padang, P. P. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish.
Putra, K. T. H., Prananda, G., Meilana, S. F., Silitonga, M., Amon, L., Pertiwi, S., Ardiawan, I. K. N., & Simorangkir, S. B. T. (2021). Teori Landasan Pendidikan Sekolah Dasar. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Putri, I. A. E. (2012). Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo.
Setiawan, B., Apri Irianto, S. H., & Rusminati, S. H. (2021). DASAR-DASAR PENDIDIKAN: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa PGSD. CV Pena Persada.
Shibah, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah pesan, kesan dan keserasian al-Qur’an. Ciputat: Lentera Hati.
Sudarto, M. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Islam. Al-Lubab: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Keagamaan Islam, 6(1), 56–66.
Sudijono, A. (2011). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sulastri, E. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Guepedia.
Wahab, R. (2015). Psikologi belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahyuni, M., & Nini Ariyani, M. P. (2020). Teori Belajar dan Implikasinya dalam Pembelajaran. EDU PUBLISHER.
Willis, S. (2013). Psikologi Pendidikan. In Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfa Beta. Alfabeta.
Yuspiani, & Hidayat, M. (2022). MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27545
Yustinus Semiun, O. F. M. (2021). Teori-Teori Kepribadian Humanistis. PT Kanisius.