PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI PONPES. DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA

  • Muh. Halifah Mustami Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Andi Maulana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Rafiuddin Anwar Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
Keywords: Kegiatan Kepesantrenan, Aktivitas Belajar, Fiqih, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pelaksanaan kegiatan dan aktivitas belajar pondok pesantren terhadap hasil belajar santri di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis pengaruh penerapan aktivitas pesantren terhadap hasil belajar santri pada mata pelajaran fiqih, menganalisis pengaruh kegiatan belajar terhadap hasil belajar santri pada mata pelajaran fiqih, dan menganalisis pengaruh penerapan kegiatan pesantren dan kegiatan belajar bersama terhadap hasil belajar santri pada Mata Pelajaran Fiqih di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan kegiatan pondok pesantren dan kegiatan belajar bersama berpengaruh positif terhadap hasil belajar santri.

References

Athoillah, M. A., & Wulan, E. R. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional, 2, 25–36.
Abd Rahman an Nahlawi, Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam, diterjemahkan Dahlan & Sulaiman. Bandung; Diponegoro, 1992.
Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahab Sayyed Hawwas, Fiqh Ibadah, Jakarta: Amzah, 2013.
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Cet. I; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. 2014.
Ahmad Mustafa al-Maraghi, Terjermah Tafsir Al-Maraghi, Semarang: PT Karya Toha Putra Semarang, 1993.
Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru Profesonal. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Ahmad Shiddiq. Tradisi Akademik Pesantren. Tadris. Jurnal Pendidikan Islam. 10(2). 2015.
Ahmad Susanto. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2015.
Akmal Hawi, Ilmu Jiwa Agama. Palembang: IAIN Raden Fatah Press. 2008.
Al Gazali, Ihya Ulumuddin, Jilid III. Beirut: Dar-al Mishri. 1977.
Besare, S. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018
Baharuddin. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-ruzz Media. 2010.
Djumransjah, H. M. (2016). Pendidikan Pesantren dan Kemandirian Santri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2).
Eka Yanuarti, Pratikum Ibadah. Palembang: Noer Fikri Offset, 2014.
H.M. Djumransjah. Pendidikan Pesantren dan Kemandirian Santri. Jurnal Pendidikan. Vol. 8(2). 2001.
Hadari Nawawi. Pendidikan Dalam Islam. Surabaya: Al-Ikhlas. 1990.
Haidar Putra Daulay. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. 2007.
Harjani Hefni, Komunikasi Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2015
Imam Syafe’i. Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8. 2017.
Imam Tholkhah, Mereka Bicara Pendidikan Islam (Sebuah Bunga Rampai). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Kamal, F. (2020). MODEL PEMBELAJARAN SOROGAN DAN BANDONGAN. PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 3(2), 15–26. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v3i2.1572
Karimah, U. (2018). PONDOK PESANTREN DAN PENDIDIKAN : RELEVANSINYA DALAM TUJUAN PENDIDIKAN. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 137. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137
Milatusaadah, M. (2019). Hubungan aktivitas siswa mengaji di pesantren dengan prestasi belajar pada Mata Pelajaran PAI: Penelitian korelasional terhadap siswa kelas XI di SMA YPI Pulosari Limbangan-Garut. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Munifah, M. (2019). Antara tradisi dan modernitas: metamorfosis pesantren di era digital. Prosiding Nasional, 2, 1–24.
M.S. Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2008.
Martinis Yamin. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press. 2007.
Marzuqi Yahya, Panduan Fiqh Imam Syafi’i, Jakarta: AL-Maghfirah, 2012.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Muhaimin dkk, Studi Islam Dalam Rangka Dimensi dan Pendekatan. Jakarta: Kharisma Putra Utama. 2005.
Muhammad Fathurrahman dan Sulistyorini. Belajar & Pembelajaran. Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras, 2012.
Muhammad Makmun Rasyid, Kemukjiatan Menghafal Al-Qur’an, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.
Muhammad Sholikhin, Panduan Sholat Sunah Terlengkap, Jakarta: Erlangga, 2013.
Muhibbin Syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Mukti Ali, KH Ali Ma’shum Perjuangan dan pemikirannya. Yogyakarta: LkiS. 1999.
Mulyani Sumantri dan Johar Permana. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana, 2001.
Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam Edisi revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.
Noor, N. A., & Munandar, I. (2019). the Effect of Cooperative Learning Models on Increasing Learning Results and Student Activities in Mathematic Lessons. JME (Journal of Mathematics Education), 4(1), 21–26. https://doi.org/http://doi.org/10.31327/jomedu.v4i1.883
Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Ngalim Purwanto. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Noer Rohmah. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Teras, 2012.
Novianty Djafri. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pesantren Al-Khaerat Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 5(3), 136-150, 2008.
Oemar Hamalik. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. 2009.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2008.
Rahman Ritango dan Zainuddin, Fiqh Ibadah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.
Rudy Hariyono dan Antoni Ideal, Kamus Lengkap Inggris-Indonesia Indonesia-Inggris plus Idiom, cet. Ke-I. Surabaya: Gitamedia Press. 2005.
Samsudin, S. (2020). Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren di Era Disrupsi. Conference on Islamic Studies FAI 2019, 221–230.
Saprin, Yahya, M., & Syarif, A. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Menghafal Al Qur’an terhadap Kemampuan Hafalan Santri di Pondok Pesantren Al Imam Ashim Makassar. ISTIQRA, 10(1), 85–94. https://doi.org/10.24239/ist.v10i1.1023
Shiddiq, A. (2015). TRADISI AKADEMIK PESANTREN. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 218. https://doi.org/10.19105/tjpi.v10i2.826
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo, 2006.
Shiddiq Hasan Khan, Fiqh Islam Dari Al-Kitab dan As-Sunnah, Jakarta: Griya Ilmu, 2012.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers, 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D; Bandung: Alfabeta, 2012.
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Sumadi Suryabrata. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa, 2002.
Suparwoto. Kemampuan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2004.
Sutratinah Tirtonegoro. Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional, 2001.
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
Syahrul Holid. Pengaruh Disiplin Pesantren Terhadap Prestasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Modern Darul 'Ulum Al-Muhajirin Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Wahana Inovasi, 9(1), 151-158, 2020.
Tamyiz Burhanuddin, Akhlak Pesantren: Solusi Bagi Kerusakan Akhlak, Yogyakarta: ITTIQA Press, 2001.
Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ke-3 Cet. Ke -3. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
ULUM, M. (2018). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN. Journal EVALUASI, 2(2), 382. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i2.161
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup, 2009.
Winkel. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 2009.
Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2020). Hubungan antara kelelahan, motivasi belajar, dan aktivitas fisik terhadap tingkat prestasi akademik. Jurnal Biomedik:JBM, 12(2), 125. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29516
Yatim Riyanto. Metodologi Penelitian Pendidikan; Surabaya: Penerbit SIC, 2011.
Zaim ElMubarak, Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2008.
Published
2022-09-02
How to Cite
Muh. Halifah Mustami, Andi Maulana, & Anwar, R. (2022). PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI PONPES. DARUL ARQAM MUHAMMADIYAH GOMBARA. ISTIQRA: Jurnal Hasil Penelitian, 8(2), 13-22. https://doi.org/10.24239/ist.v8i2.1146