PENERAPAN DISTANCE LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI KOTA BIMA
Abstract
Analisi perencanaan pembelajaran jarak jauh serta proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dan evaluasinya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Karakter di SMA Negeri Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di Kota Bima, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Kemudian teknik pengolahan data ialah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan guru dalam penerapan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi Whatsapp proses Pembelajaran Jarak Jauh dimulai dengan menyiapkan media perangkat pembelajaran sementara pelaksanaannya terdiri dari pengenalan kegiatan, inti kegiatan dan kegiatan Menutup setelah itu berulah dievaluasi kegiatan dengan mengacu pada aspek kognitif, efektif dan psikomotorik.
References
Asse, A., & Sehri, A. (2021). URGENSI PENERAPAN BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATAKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING PADA MAHASISWA PRODI PBA FTIK IAIN PALU. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 9(2), 111–124. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/ist.v9i2.806
Fauzan, A. (2021). APLIKASI E-LEARNING PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NAHDATUL ULAMA HIJRATUL HIDAYAH KOTA BANJARMASIN. Universitas Islam Kalimantan MAB.
Indonesia, D. A. R. (2011). Mushaf al-Qur’an dan Terjemahnya. Cet. I.
Jumaeni, J., & Amri, M. (2022). PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMK KARTIKA XX-1 MAKASSAR. ISTIQRA, 10(1), 107–116. https://doi.org/10.24239/ist.v10i1.1034
Majid, A. (2014). Belajar dan pembelajaran: pendidikan agama Islam. PT Remaja Rosdakarya.
Muhajir, M., Musfikar, R., & Hazrullah, H. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR (STUDI KASUS DI SMK NEGERI AL MUBARKEYA). Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(1), 50. https://doi.org/10.22373/cj.v3i1.4725
Muhimmatul Choiroh. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA E-LEARNING. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i1.554
Munir. (2008). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Alfabeta.
Nugraha, N. B., Sellyana, A., & Suhaidi, M. (2019). PELATIHAN E-LEARNING PADA GURU SMA IT PLUS BAZMA BRILLIANT. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.334
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Prasetyo, P. B., & Brataningrum, N. P. (2022). Hubungan Penerapan Media Pembelajaran E-Learning, Metode Pembelajaran Berbasis Penugasan, dan Peran Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 13–26.
Retnaningsih, R. (2020). E-Learning system sebuah solusi pragmatis program vokasional semasa pandemi COVID-19. TAMAN VOKASI, 8(1), 28. https://doi.org/10.30738/jtv.v8i1.7751
Riyana, C. (2019). Produksi bahan pembelajaran berbasis online. Tangerang Selatan: Univesitas Terbuka.
Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.
Salim, S., Jazuli, L. O. A., Nurhayati, N., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-learning Schoology Pada Guru SMA. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.11722
Schneider, S. L., & Council, M. L. (2021). Distance learning in the era of COVID-19. Archives of Dermatological Research, 313(5), 389–390.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Yuspiani, & Hidayat, M. (2022). MANAJEMEN KEUANGAN PENDIDIKAN. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27545
Zuriah, N. (2011). Buku Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam perspektif perubahan (Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara kontekstual dan Futuristik). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.