IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 17 KABUPATEN BONE

  • Muh Azhar Ma’ru f Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Muhammad Amri Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • sitti Mania Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
Keywords: Islamic Spiritual, Extracurricular Activities, Moral development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak, pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler kemudian evaluasi kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan akhlak siswa SMA Negeri 17 Bone. Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis, sumber data berasal dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina ekstrakurikuler. Guru PAI, dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam kegiatan sehari-hari, mingguan, bulanan dan tahunan. Kegiatan harian seperti meliputi shalat dhuha berjamaah, kegiatan mingguan seperti Jum'at Aksara, kegiatan bulanan seperti infaq bulanan dan Perayaan Hari Besar Islam. Evaluasi kegiatan tersebut dapat dilihat dari kedisiplinan, kebersihan lingkungan, kepedulian terhadap sesama, dan karakter religius siswa.

References

Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.
Amrizal, M. A., Fuad, N., & Karnati, N. (2022). Manajemen Pembinaan Akhlak di Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 3602–3612.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Dermawan, D., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri Di Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Of Physical Education, 1(2), 14–19.
Hajah, H. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis di SMPN 12 Kota Serang. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Hidayat, M. Y. (2022). Manajemen Keuangan Pendidikan. Journal Idaarah, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27545
Makrifah, N. (2021). Pentingnya Membina Akhlak Mulia bagi Anak. Al Ibrar. https://al-ibar.net/keluarga/256/pentingnya-membina-akhlak-mulia-bagi-anak
Muhamadi, S., & Hasanah, A. (2019). Penguatan pendidikan karakter peduli sesama melalui kegiatan ekstrakurikuler relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 95–114.
Mustafa, S., & Anirah, A. (2016). POLA KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL PALU. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 4(2), 265–287.
Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2), 57–87. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/123
Rusdin, R. (2022). EKSISTENSI AJARAN SUFISME GURU TUA PADA MASYARAKAT KOTA PALU. Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian, 10(1), 37–47.
Safitri, R. (2018). Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Di Sma Negeri 3 Magelang. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Sujianto, H., & Febrianingsih, D. (2020). Peran ekstrakurikuler rohis dalam penanaman sikap beragama siswa MAN 2 Ngawi Jawa Timur. JIE (Journal of Islamic Education), 5(2), 156–168.
Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 193–208.
Syafei, I., Syaifullah, M., & Mukroh, H. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Madrasah Aliyah Ma’arif Sungkai Tengah Lampung Utara. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 58–62.
Syafi’i, N. A. (2020). MEMAKNAI HADIS ” AKU DIUTUS UNTUK MENYEMPURNAKAN AKHLAK “ – Suara Mubalighah. Suara Mubaligh.Com. https://suaramubalighah.com/2020/11/24/memaknai-hadis-aku-diutus-untuk-menyempurnakan-akhlak/
Published
2022-08-29
How to Cite
Muh Azhar Ma’ru f, Muhammad Amri, & Mania, sitti. (2022). IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 17 KABUPATEN BONE. ISTIQRA: Jurnal Hasil Penelitian, 8(2), 1-11. https://doi.org/10.24239/ist.v8i2.1143