PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI KELAS XI SMK KARTIKA XX-1 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode problem solving dan metode drill terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif ex-post faktor. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK Kartika XX-1 Makassar dengan populasi 130 orang, responden 57 orang dan teknik pengambilan sampel secara random dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner, Kesimpulan yang didapatkan adalah penerapan metode problem solving dan metode drill berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan karakter. Kemudian penerapan metode problem solving dan metode drill keduanya berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan karakter pada siswa kelas XI SMK Kartika XX-1 Makassar.
References
Hapnita, Widia, dkk. “Faktor Internal dan Eksternal yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017”, Cived Jurusan Teknik Sipil, 2018.
Harsono, Beni, Dkk. “Perbedaan Hasil Belajar antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem”, Jurnal PTM, 2009.
Hendro Prayono, Agus dan M. Fantoni. “Pengaruh Penerapan Metode Drill terhadap Hasil Belajar Mata Palajaran Pendidikan Agama Islam”, Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 2018.
Junaidah. “Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 07 Indra”, Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 2020.
Oktariani utami, Lina dkk. “Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain”, Tunas Siliwangi ,2017.
Suhendri, Huri dan Tuti Mardalena. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar”, Jurnal Formatif ,2013.
Tambak, Syahraini. “Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Al-hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2016.