Strategi Penyuluh Agama dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur'an pada Anak di TPA Al Mukhlisin Kelurahan Tumampua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep
Abstract
Penelitian ini membahas strategi penyuluh agama dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an pada anak di TPA AL-Mukhlisin Kelurahan Tumampua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep. Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interviews dan dokumentasi. Temuan penelitian, menunjukkan bahwa strategi yang digunakan para ustadz mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak di TPA AL-Mukhlisin meliputi metode iqro, metode wafa, dan metode pembiasaan. Sementara dari segi hambatan ialah kurangnya alokasi waktu yang diberikan untuk program dan rendahnya motivasi bagi sebagian siswa. Solusi yang ditawarkan yaitu peningkatan kualitas guru dan konselor, memperpanjang alokasi waktu, dan meningkatkan fasilitas pembelajaran.
References
T.H Thalhas, Fokus Isi dan Makna Al-Qur’an, Jakarta: Galura Pase, 2008.
Muhammad Syauman Ar-Ramli. dkk, Nikmatnya Menangis bersama Al-Qur’an, Jakarta: Instanbu, 2015.
M. Baqir Hakim,Ulumul Qur’an (Jakarta: Al-Huda, 2006), h. 35.
Kementrian Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya Jakarta: Al Hadi, 2015.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemahanya Jakarta: Bintang Indonesia, 2011
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Setiawan Hari Purnomo, Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar(Jakarta: LP FE- UI. 1999.) https://books.google.co.id. 29 desember 2018
Kustadi Suhanding, Strategi Dakwah, Penerapan Strategi Komunikasi Dalam Dakwah
(Cet.1: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2014), h.81.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Jakarta: Alfabeta, 2009.