Efektivitas Penerapan Metode Menghafal Al Qur'an terhadap Kemampuan Hafalan Santri di Pondok Pesantren Al Imam Ashim Makassar

  • Saprin Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Muhammad Yahya Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar
  • Ahmad Syarif
Keywords: Efektivitas, Kemampuan

Abstract

Penelitian ini membahas efektivitas penerapan metode menghafal al-Qur’an terhadap kemampuan hafalan santri di Pondok Pesantren Al-Imam Ashim Makassar. Teori behavioristik yang memandang belajar sebagai proses perubahan perilaku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus dan respons, dan metode merupakan salah satu stimulus dari guru yang dapat diterapkan untuk pembelajaran menghafal al-Qur’an pada pondok pesantren Al-Imam Ashim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Al-Imam Ashim Makassar dengan jumlah 460 orang, sampel sebanyak 48 santri. penerapan metode menghafal al-Qur’an melalui pembelajaran tahfiz} al-Qur’an efektif terhadap kemampuan hafalan santri di Pondok Pesantren Al-Imam Ashim Makassar.

References

Ali, Atabik dan Ahmad Zuhdi Muhdlor. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika Pondok Krapyak, t.th.
Alma, Buchari. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Cet.V; Bandung: Alfabeta, 2008 AS, Enjang dan Aliyudin. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah: Pendekatan Filosofis dan Praktis. Cet. I; Bandung; Widya Pandjadjaran, 2009.
Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Nasokah dan Ahmad Khoiri. Pembelajaran Tahfizul Qur’an di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Kalibeber Wonosobo. Jurnal al-Qalam 13, (2014).
Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Cet. III; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
Sa’dullah. 9 Cara Cepat Menghafal al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 2008.
Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2013.
al-Shabuni, Muhammad Ali. al-Tibyan fi Ulum al-Qur’an. Terj. Muhammad Qodirun Nur. Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis. Jakarta: Pustaka Amani, 2001.
Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Qur’an: Fungsi Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Cet. I; Bandung: Mizan, 1992.
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 1991.
Sugianto, Ilham Agus. Kiat Praktis Menghafal al-Qur’an. Surabaya: Risalah Gusti, 2003.
Published
2022-08-13
How to Cite
Saprin, Yahya, M., & Syarif, A. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Menghafal Al Qur’an terhadap Kemampuan Hafalan Santri di Pondok Pesantren Al Imam Ashim Makassar. ISTIQRA, 10(1), 85-94. https://doi.org/10.24239/ist.v10i1.1023
Abstract - 105