Correlation of Mother’s Education Level with College Student Leadership Ability

  • Agus Supriyono Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Diandra Shafira Maharani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Wahyu Nengsih Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Keywords: Mother's education level, leadership spirit, college student, correlation

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara kemampuan kepemimpinan mahasiswa dengan tingkat pendidikan ibu. Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki setiap orang. Dimana meliputi kemampuan seseorang untuk mengenali, mengontrol, dan mengatur emosi dan perasaan, baik perasaan sendiri maupun perasaan orang lain. Hal ini diperlukan untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jiwa kepemimpinan siswa dilihat dari perbedaan tingkat pendidikan ibu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis deskriptif. Pengumpulan data dan dokumen dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa dengan jumlah responden sebanyak 76 mahasiswa dari berbagai universitas. Desain penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa dengan mempertimbangkan tingkat pendidikan ibunya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan dari data yang kami peroleh

References

Achmad, I, F., L Latifah, and N Husadayanti, D. 2017. “Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Emotional Quotient (EQ) Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di Tk Islam Al-Fattaah Sumampir Purwokerto Utara.” Jurnal Keperawatan Anak 5 (1): 47–57.
Arfina, Neila Rahma. 2019. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.” Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 2 (1): 11. https://doi.org/10.24014/0.878931.
Djafar, Fitri Annisa, Hernita Pasongli, Tamrin Robo, and A.R Tolangara. 2020. “Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Geografi Kelas Viii Smp Al – Irsyad Kota Ternate.” Jurnal Reforma 9 (2): 61. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.303.
F, Dendy Saeful Zen M, and Lina Novita. 2018. “DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA” 01 (September): 39–45.
Farida, Syarifah Ida, and Septi Rostika Anjani. 2019. “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pada Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Pamulang.” Inovasi 6 (2): 19. https://doi.org/10.32493/inovasi.v6i2.y2019.p19-20.
Herlina, Herlina, Muhyani Muhyani, and Zahrotunni’mah Zahrotunni’mah. 2018. “Hubungan Pembinaan Orang Tua Dan Pembinaan Siswa Dengan Jiwa Kepemimpinan Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Bogor.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam 7 (2): 23–32. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4061.
Karomah, Yuly Sakinatul, and Aan Widiyono. 2022. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa.” Jurkessutra (Jurnal Kesehatan Surya Nusantara) 8: 35–44. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/download/1087/683.
Khulafaurosyidin, Aftukul, and Denok Setiawati. 2013. “Penerapan Konseling Rasional Emotif Perilaku Untuk Mengurangi Tingkat Fanatisme Terhadap Idola Pada Siswa Smpn 6 Tuban Application of Rational Emotive Behaviors Therapy To Findout the Level of Fanaticism To Popular Idol the Student Class Viii C Smpn 6 Tub.” Jurnal BK Unesa 3 (1): 416–21.
Mudrikah, Laila Lathifatul. 2020. “Pola Asuh Single Parent Dalam Mengembangkan Moralitas Anak Di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu.” Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 2 (2): 7. https://doi.org/10.24014/0.878941.
Nurkaromah, Kurnia, Herni Yanzi, and Berchah Pitoewas. 2017. “Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Persepsi Orang Tua Terhadap Lulusan Perguruan Tinggi.” Jurnal Kultur Demokrasi 5 (3): 283.
Prasetyo, Iis. 2022. “Hubungan Keteladanan Orang Tua Dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini” 6 (4): 3180–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2330.
Sahputra, Dika, and Dina Hidayati Hutasuhut. 2019. “Kontribusi Dukungan Orangtua Terhadap Disiplin Belajar Siswa.” ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam) 2 (1): 35–39. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i1.1216.
Sunain, Sunain. 2017. “Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecerdasan Dan Keaktifan Siswa Dari Kelas Satu Sampai Dengan Kelas Enam Pada Semester I.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 6 (2): 160–76. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.942.
Triyono. 2020. “Kontribusi Sikap Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak.” ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam) 3 (1): 26–34. https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i1.1569.
Wulandari, Yeni, and Muhammad Kristiawan. 2017. “Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) 2 (2): 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477.
Published
2022-06-21
Abstract - 44