Penerapan Reward dan Punishment Terhadap Pelaksanaan Shalat Subuh Pada Anak di Yayasan Panti Asuhan At-Tanwir Kabupaten Toli-toli
Abstract
Penelitian ini berkenan dengan penerapan reward dan punishment terhadap pelaksanaan shalat subuh pada anak di Yayasan Panti Asuhan At-Tanwir Kabupaten Tolitoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis menggunakan reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1). Penerapan reward di Panti Asuhan At-Tanwir diberikan kepada anak-anak yang melaksanakan shalat subuh. Adapun bentuk pemberian yang diberikan kepada anak-anak yang shalat subuh di Panti Asuhan ialah berupa materi yaitu: perlengkapan sehari-hari, sekolah, buku, pakaian, pembayaran SPP bagi yang SMA, sekolah hingga ke perguruan tinggi, serta pemberian pujian dan acungan jempol, (2). Penerapan Punishment di Panti Asuhan diberikan kepada anak-anak yang tidak melaksanakan shalat subuh atau masbuq. Bentuk punishment yang diberikan kepada anak di Panti Asuhan yaitu berupa teguran, pemberian tugas-tugas yaitu mengangkat sisa-sisa makanan selama 2 bulan berturut-turut dan pemberian pukulan, (3). Faktor yang sangat mendukung berjalannya reward dan punishment ini adalah pengelolah Panti Asuhan yang mempunyai komitmen yang kuat untuk menegakkan aturan mengenai masalah reward dan punishment yang di laksanakan.Dampak dari hasil penerapan reward dan punishment di Panti Asuhan At-Tanwir berdampak pada perubahan perilaku yang baik, perubahan perilaku anak terlihat pada saat masuk waktu subuh anak-anak telah bangun dengan sendirinya dan bergegas untuk melaksanakan shalat subuh tepat waktu secara berjamaah.
References
Alma Buchari. Guru Professional Menguasai Metode Dan Terampil Belajar. Bandung: Alfabeta, 2018
Alni Syafitri, Wawancara, Yayasan At-Tanwir, 10 April 2019
Ari, Donal Ari, et. al, Introduction to Research, diterjemahkan oleh Arief Rahman, Pengantar Penyusunan dan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, t. th
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penyusunan Ilmiah: Suatu Pedekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta,1993.
Bungin Burhan. Penyusunan Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2007
Depag RI. Al-Quran Terjemahan. Bandung: Jabal, 2010.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,Tt
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. II: Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Hakim, Arif Rahman. Skripsi Pengaruh Pelaksanaan Ibadah Shalat Terhadap Akhlak Siswa Di Smpn Ciputat Tanggerang. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah: 2008.
Harini Sri. Mendidik Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2003.
Hasan, M Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metedologi Penyusunan dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
Istadi Irawati. Mendidik Anak Dengan Cinta. Jakarta:Pustaka Inti: 2005
Kardjono Moehari. Mempersiapkan Generasi Cerdas. Jakarta: Qisthi Press, 2008.
Khalil Mustafa. Berjumpa Allah Dalam Shalat, Cetakan 1. Jakarta: Pustaka Zahara 2004.
Kosim Muhammad. Antara Reward Dan Punishment. Padang: Ekspress Rubric Artikel, 2008.
Maleong, Lexy J. Metodologi Penyusunan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1999.
Mas’ud Abdurrahman. Reward Dan Punishment Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Media 2006
Muchtar, Heri Jauhari. Fikih Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Mulysasa, Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).
Murdoko, E. Widijo Hari. Parenting with Leadership; Peran Orang Tua dalam Mengoptimalkan dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.
Nur Wahid, Wawacara, Yayasan At-Tanwir, 11 April 2019
Purwanto Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Ramli Mahmud, Wawancara, Kantor Yayasan At-Tanwir, 6 April 2019
Rifa’i Moh. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang, Cv. Toha Putera: 2003.
Safitri Megawati. Skripsi Konsep Reward Dan Punishment Dalam Mendidik Anak Di Lingkungan Keluarga Menurut Ajaran Rasulullah Saw, (Uin Raden Fatah Palembang: 2017), H. 42H. 44
Suhartono Irawan. Metode Penyusunan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Surakhmad Winarto. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1978.
Sumiati, Wawancara, Yayasan At-Tanwir, 7 April 2019
Tafsir Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya, 2011.
Yunus Mahmud, Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Pt. Hidakarya Agung, 1990.
Yusrina, Jihan Avie. Skripsi Studi Analisis Tentang Perintah Shalat Pada Anak Sejak Usia Tujuh Tahun Dalam Perspektif Pendidikan Islam, Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang: 2014.
Zainudin. Seluk Beluk Pendidikan Dari Al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.