An Analysis of Implementation of Islamic School Counseling Strategies In Indonesia to Avoid Fanaticism

  • Diandra Shafira Maharani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lintang Dwi Aprillia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Hudan Raya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Fanaticsm, Counseling, Islamic School

Abstract

Tulisan ini mengkaji bentuk – bentuk dan penerapan strategi pencegahan sikap fanatisme di lingkungan sekolah berlatarbelakang Islam. Fanatisme dalam lingkungan sekolah Islam menjadi permasalahan penting yang harus segera disikapi. Objek penelitian ini adalah seluruh tenaga ahli pendidik dari setiap lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman dalam mengukur tingkat fanatisme di lingkungan sekolah, dengan jumlah partisipan sebanyak 28 orang sebagai perwakilan dari berbagai institusi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data lewat pengisian kuesioner yang disebarkan kepada responden, yang berada di sekitar Pulau Jawa. Setelah data terkumpul, penarikan kesimpulan menggunakan pola pikir deduktif. Hasil kajian berdasarkan pengisian kuesioner dapat disimpulkan bahwa bentuk – bentuk fanatisme dipengaruhi oleh kurangnya perspektif ilmu di masyarakat, pengaruh circle pertemanannya, dan pengaruh mekanisme organisasi sekolah yang diikuti pelajar. Serta penerapan pencegahan fanatisme di lingkungan sekolah Islam dapat dilakukan dengan pendekatan Bimbingan Konseling (BK).

References

A. Khulafaurosyidin and D. Setiawati, “Penerapan Konseling Rasional Emotif Perilaku Untuk Mengurangi Tingkat Fanatisme Terhadap Idola Pada Siswa Smpn 6 Tuban Application of Rational Emotive Behaviors Therapy To Findout the Level of Fanaticism To Popular Idol the Student Class Viii C Smpn 6 Tub,” J. BK Unesa, vol. 3, no. 1, pp. 416–421, 2013.
A. C. Sohar, “Metode Q ur ’ ani Dalam Mengatasi Sikap Fanatik,” pp. 69–86.
A’yuna, Qurrata, and Said Nurdin. 2016. “Fanatisme Dalam Tinjauan Psikologi Agama.” Suloh 01 (01): 75–82. http://jurnal.unsyiah.ac.id/suloh/article/view/8309.
Akhmadi, Agus. 2016. “Problema Psikologis Masyarakat Islamic Counselling Approach on Solving.” Jurnal Konseling, 375–85.
B. Herlambang, “Hubungan Antara Kesepian (Loneliness) Dengan Kecenderungan Fanatik Terhadap Hewan Pada Komunitas Pecinta Hewan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. bab II, 2018.
D. rio Putra, “Fanatisme Dan Taklid (Memfigurkan Sosok Tertentu Secara Eksklusif) Ditinjau Dari Kepemimpinan Sosial,” Int. Semin. Islam. Stud., vol. 1, pp. 250–256, 2019.

Gide, André. 1967. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Herlambang, Boby. 2018. “Hubungan Antara Kesepian (Loneliness) Dengan Kecenderungan Fanatik Terhadap Hewan Pada Komunitas Pecinta Hewan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): bab II.
Hidayatullah, Muchammad Syarif. 2018. “( Studi Tematik Surah Al – an ’ a < M : 159 Menurut Para.”
Iii, B A B. 2008. “Bab Iii Metode Dan Teknik Penelitian 3.1.”
Khulafaurosyidin, Aftukul, and Denok Setiawati. 2013. “Penerapan Konseling Rasional Emotif Perilaku Untuk Mengurangi Tingkat Fanatisme Terhadap Idola Pada Siswa Smpn 6 Tuban Application of Rational Emotive Behaviors Therapy To Findout the Level of Fanaticism To Popular Idol the Student Class Viii C Smpn 6 Tub.” Jurnal BK Unesa 3 (1): 416–21.
No, Vol, and Muhammad Misbah. 2021. “INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Fanatism in Islamic Education Practices Fanatisme Dalam Praktik Pendidikan Islam” 26 (1): 51–64.
Priestnall, Simon L., Nancy Okumbe, Linda Orengo, Richard Okoth, Surinder Gupta, Nikita Nakul Gupta, Nikita Nakul Gupta, et al. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Endocrine 9 (May): 6. https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-of-colloids%0Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_spss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dm-book/legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.nep.
Putra, Deko rio. 2019. “Fanatisme Dan Taklid (Memfigurkan Sosok Tertentu Secara Eksklusif) Ditinjau Dari Kepemimpinan Sosial.” International Seminar on Islamic Studies 1: 250–56.
Sohar, Aminullah Cik. n.d. “Metode Q Ur ’ Ani Dalam Mengatasi Sikap Fanatik,” 69–86.

S. L. Priestnall et al., “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Endocrine, vol. 9, no. May, p. 6, 2020, [Online]. Available: https://www.slideshare.net/maryamkazemi3/stability-of-colloids%0Ahttps://barnard.edu/sites/default/files/inline/student_user_guide_for_spss.pdf%0Ahttp://www.ibm.com/support%0Ahttp://www.spss.com/sites/dm-book/legacy/ProgDataMgmt_SPSS17.pdf%0Ahttps://www.nep.
B. A. B. Iii, “Bab iii metode dan teknik penelitian 3.1,” 2008.
V. No and M. Misbah, “INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan Fanatism in Islamic Education Practices Fanatisme dalam Praktik Pendidikan Islam,” vol. 26, no. 1, pp. 51–64, 2021.
Published
2021-12-08
Abstract - 82