Peran Konseling Komunitas dalam Mitigasi Bencana di Lingkungan Sekolah: Pendekatan Preventif dan Pemulihan Psikososial
Abstract
Bencana alam dan non-alam dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap lingkungan sekolah, termasuk gangguan psikologis dan sosial pada siswa. Dalam konteks ini, konseling komunitas berperan penting dalam mitigasi bencana, baik melalui pendekatan preventif maupun pemulihan psikososial. Jurnal ini membahas peran konseling komunitas dalam memfasilitasi kesiapsiagaan bencana, memberikan dukungan psikologis, serta membangun ketahanan sosial di lingkungan sekolah. Dengan mengkaji berbagai data dan contoh kasus, diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang pentingnya konseling komunitas dalam menghadapi bencana.
References
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Program Pemulihan Psikososial Pasca Bencana.
World Health Organization. (2018). Guidelines for Mental Health and Psychosocial Support in Emergency Settings.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (2021). Laporan Tahunan Penanggulangan Bencana.
Hidayati, N. (2021). Dampak Psikologis Bencana Alam terhadap Siswa dan Strategi Pemulihan. Jurnal Psikologi dan Pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Program Sekolah Siaga Bencana.
Rahmawati, I., Supriyadi, A., & Setiawan, B. (2021). Efektivitas Program Konseling Komunitas dalam Kesiapsiagaan Bencana di Sekolah. Jurnal Konseling dan Pendidikan.
Supriyadi, A. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Alam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Baker, R. & McLoughlin, C. (2020). *Disaster Management and Community Resilience: A Guide for Schools*. Routledge.
BPBD. (2022). Laporan Tahunan Penanggulangan Bencana di Indonesia. Badan Penanggulangan Bencana Daerah.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2014). *Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches*. SAGE Publications.
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). *Designing and Conducting Mixed Methods Research*. SAGE Publications.
Flick, U. (2018). *An Introduction to Qualitative Research*. SAGE Publications.
Sharma, R., et al. (2021). The impact of natural disasters on children: A systematic review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(3), 1234.
World Health Organization. (2021). Mental Health and Psychosocial Support in Emergencies. WHO.
Brewin, C. R., Andrews, B., & Valentine, J. D. (2020). Meta-analysis of risk factors for posttraumatic stress disorder in trauma-exposed adults. *Psychological Bulletin*, 146(1), 1-35.
BNPB. (2023). Data Bencana Alam Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Cohen, S., & Wills, T. A. (2020). Stress, social support, and the buffering hypothesis. *Psychological Bulletin*, 98(2), 310-357.
Hoffman, L. (2020). Community Counseling: A Handbook for Mental Health Professionals. *Journal of Counseling Psychology*, 67(4), 467-477.
Norris, F. H., Friedman, M. J., & Watson, P. J. (2021). 60,000 disasters: A national study of post-traumatic stress disorder in children. *American Journal of Psychiatry*, 178(1), 1-9.
Perry, R. W., & Lindell, M. K. (2020). Preparedness for disaster: A review of the literature. *Disasters*, 44(4), 682-703.
Shaw, R. (2021). Disaster risk reduction and education: The role of schools in building resilience. *International Journal of Disaster Risk Reduction*, 58, 102-115.
UNESCO. (2022). The Role of Education in Disaster Risk Reduction. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
World Health Organization. (2021). Mental health and psychosocial support in humanitarian emergencies: What should humanitarian health actors know?
Dinas Pendidikan NTB. (2019). Laporan Penanganan Pasca Bencana Gempa Bumi di NTB. Mataram: Dinas Pendidikan NTB.
Halim, A. (2022). "Pendidikan Kesiapsiagaan Bencana di Sekolah: Pendekatan dan Implementasi." Jurnal Pendidikan dan Kebencanaan, 5(1), 45-60.
Mardiana, S. (2023). "Peran Konseling Komunitas dalam Kesiapsiagaan Bencana." Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(2), 112-120.
Puspitasari, D. (2023). "Dampak Psikososial Bencana Terhadap Siswa: Tinjauan dan Intervensi." Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 4(3), 78-89.
Rizal, M. (2022). "Media Sosial sebagai Alat Edukasi Kesiapsiagaan Bencana di Sekolah." Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 23-34.
Sari, R., & lainnya. (2022). "Trauma Psikologis Pasca Bencana: Studi Kasus di Sekolah." Jurnal Kesehatan Mental, 10(1), 15-30.
Sukma, T. (2023). "Pemulihan Psikososial Pasca Bencana: Pendekatan Berbasis Komunitas." Jurnal Psikologi Sosial, 12(1), 67-75.
Widiastuti, N. (2022). "Pengembangan Program Konseling dalam Mitigasi Bencana di Sekolah." Jurnal Konseling dan Pembangunan, 7(1), 90-100.