Upaya Konselor dalam Membina Imtaq Peserta Didik MTS DDI Karya Hasanah Desa Ponggerang Kecamatan Dampelas
Abstract
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, melalui sumber data primer dan sekunder, degan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai tehnik pengumpulan data.Hasil dari penelitian ini adalah upaya konselor dalam pembinaan imtaq di laksanakan di sela-sela waktu belajar peserta didik. Program imtaq yang di lakukan oleh konselor di ataranya adalah asmaulhusna dan zikir, membaca al’quran, sholat duha, menghafal al’quran dan hadist, khutba, ceramah dan do’a agar menumbuhkan sifat dan karakter peserta didik agar kelak mereka menjadi peserta didik yang berakhlak dan berkembang secara wajar dan normal karena ketaqwaan nya kepada Allah swt. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program imtaq di sekolah peserta didik yang lulus dan melanjutkan pendidikan nya ke jenjang atas mendapat apresiasi baik karena perubahan iman dan taqwa mereka menjadi teladan bagi peserta didik lainya. proses pembinaan imtaq terdapat hambatan-hambatan yang biasa terjadi seperti kekurangan air saat hendak melakukan wudhu dan kurang nya daya serap peserta didik dalam menerima materi program imtaq.Adapun saran, bagi konselor dan guru-guru MTs DDI Karya Hasanah Desa Ponggerang agar tetap menjadi yang terbaik dalam membina imtaq kepada peserta didik.
References
An-Nahlawi, Abdurahman. Prinsip-Prinsip dan Metoda Pendidikan Islam. Bandung: CV Diponegoro. 1989.
Aminuddin dkk. Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.2006.
Akhmd, Khabib Alia. Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM, (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta), vol. 9 No. 1. 2015.
Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offsite.2011.
Daradjat, Zakiah dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2012
Darajat, Zakiah dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Dahlan, Zaini dkk. Bimbingan Keimanan Untuk SMA, Jakarta: Direktorat Agama Islam pada Sekolah Umum Negeri. 2001
Departemen Agama Republik Indonesia, Al-qur’an dan Terjemahnya. Duta Ilmu Surabaya
Dokumen Arsip MTs DDI Karya Hasanah
Falah, Darul. AL-Iman, Bekasi, 1941
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, PT Bumi Aksara: Jakarta.2013
Hartono, Dkk. Psikologi konseling. Jakarta:Kencana.2012
Hendra, Muhammad. Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Depublish,2014
http://Jurnal. lembaga- Kajian Tafsir Hadist Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.ac.id, pada 4 Juni 2023.
http://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/537, Vol.9, No. 1. 2015.
Izutsu. Lembaga Studi Agama dan Filsafat Islam( Jakarta).1998
Kartini, Ajeng. Al-Ulum. Bandung.2012
Lexy j, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.2015
Lubis, Namora Lumangga. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori dan Praktik. Jakarta:Kencana. 2011
Makbuloh, Deden. Pendidikan Agama Islam Arah Baru Pengembangan Ilmu dan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.2012
Majid, Abdul, Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kometensi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.2004
Marzuki. Metodologi Riset, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. 1983.
Mappiare, Andi. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006.
Paris, Ibnu. Pendidikan Agama Islam. Riau:Aswaja Pressindo. 2013.
Rafli pramudya, Konselor, ‘’wawancara’’, MTs DDI Karya Hasanah,
Rahardjo, Mudjia. Jurnal Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif, http/repository.uin-malang.ac.id/1123/.
Sanjadi, Akbar Maulana. Serunai Ilmu Pendidikan 6, no.1 . 2020.
Siti Kholifah. Program Imtaq Dalam Membentuk Karakter Siswa di SMA 1 Pleret Yogyakarta. 2011.
skripsi tidak di terbitkan, program jurusan bimbingan konseling islam, UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta. 2009.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta. 2009.
Sugiyono, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.
Umar, Bukhari. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah. 2011.
Willis, Sofyan S. Konseling Individuual Teori dan Praktik. Bandung: Alfabeta. 2013.
Yusuf, Yamsu Dkk. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarja. 2011.