Dinamika Pola Asuh Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Pada Perspektif Kognitif Jean piaget Di Kel Lere Kota Palu

  • Rosni Djafar Uin Datokarama Palu
  • Nurwahida Alimuddin UIN Datokarama Palu
  • Yulian Sri Lestari UIN Datokarama Palu
Keywords: Pola asuh orang tua, anak usia 5-6 tahun, jean piaget

Abstract

Abstrak

Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini mencakup orang tua dan anak di lingkungan kelurahan lere kecamatan palu barat. Pertanyaan penelitian adalah, Bagaimana dinamika pola asuh orang tua dalam proses belajar anak pada perspektif kognitif jean peaget di kelurahan LERE kota palu ? 2). Apa faktor pendukung dan penghambat pola asuh orang tua dalam proses belajar anak pada perspektif kognitif jean peaget dikelurahan LERE kota palu

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Dinamika Pola asuh orang tua dalam proses belajar anak usia 5-6 tahun di kelurahan Lere, beberapa pola asuh orang tua berbeda dengan apa yang teori piaget kemukakan, Kesimpulannya Bahwa yang dikatakan oleh teori Jean Piaget yaitu anak harus bisa mengenal dan memahami hal-hal disekitarnya dengan angka usia yang memang sudah bisa mengenal bahasa.

References

Sri Mulyeni,” Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Kasus Pada TK Tarbiyatul Athfal Garut)” Vol. 1, No. 1, July (2023).
Hamzah B. Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006), hal. 53
Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264-278.
Wasty Soemanto, psikologi pendidikan, Jakarta : (Rineka Cipta , 2006) hal 130
Didi junaedi, “Living Qur’an: Sebuah Pendekatan Baru dalam Kajian Al-Qur’an” Jurnal of Qur’an and Hadith Studies 4, no. 2 (2015), h, 182
James P. Spradley, Metode Etnografi, terj. Misbah Zulfa Elizabeth (Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1997). h, 3-5.
Imam Suprayogo, Metodologi Penelitian Sosial-Agama. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001). h, 94
Yatim Riyanto, Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif (Surabaya: Unesa University Press, 2007), h, 34.
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2022). Pengaruh metode eksperimen sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169-1179.
Azwi, A. I., Yenni, Y., & Vianis, O. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Yang Menggunakan Gadget Pada Anak Usia Dini. REAL in Nursing Journal, 5(1), 24-36.
Kia, A. D., & Murniarti, E. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 264-278.
di TK Pratama Widya Pasraman Gurukula: Introduction of Flat Shapes in Developing Cognitive Aspects Through Smart Geometry Board Games (Papingeo) in Early Childhood 5-6 Years in Widya Pasraman Gurukula Primary Kindergarten. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 270-282
Published
2024-07-27