PENGARUH NIAT BELI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN BUSANA MUSLIM PADA GENERASI Z DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh niat beli terhadap perilaku pembelian busana muslim. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah Niat beli berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian busana muslim pada Generasi Z (2) Apakah religiusitas memoderasi signifikan hubungan niat beli terhadap perilaku pembelian busana muslim pada generasi Z.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei atau angket. Penelitian ini di desain secara asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z yang berada di Kecamatan Palu Timur. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan Teknik Accidental Sampling, yang dimana siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang itu cocok sebagai sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel niat beli berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku pembelian. Hal ini dapat dilihat Berdasarkan hasil uji T diketahui nilai thitung antara variabel X dan Y sebesar 10,065 > ttabel 0,1956 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa niat beli (X) berpengaruh signifkan terhadap perilaku pembelian (Y). (H1 diterima). (2) Berdasarkan hasil uji residual apabila hasil uji menunjukkan nilai negatif dan signifikan maka variabel dikatakan memoderating, namun apabila salah satunya tidak terpenuhi maka variabel dikatakan tidak memoderating. Maka dapat disimpulkan dari hasil uji diatas bahwa religiusitas memoderasi hubungan niat beli terhadap perilaku pembelian. (H2 diterima).
Manfaat dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan Generasi Z di Kecamatan Palu Timur dalam membeli busana muslim yang memenuhi ketentuan syariat islam, agar tidak menyimpang dari konsep busana muslim yang sebenarnya hanya karena mengikuti trend semata.
Kata Kunci: Niat Beli, Perilaku Konsumen, Busana Muslim, Generasi Z, Religiusitas.