PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMASARAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap pemasaran produk perbankan, termasuk dalam sektor perbankan syariah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bank-bank syariah memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk mereka guna meningkatkan daya saing, memperluas jangkauan pasar, serta memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin digital-savvy. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur, analisis data sekunder, serta wawancara dengan praktisi perbankan syariah, ditemukan bahwa media sosial, aplikasi mobile banking, website interaktif, dan konten edukatif merupakan alat utama dalam strategi pemasaran digital. Setiap bank seperti BSI, Muamalat, BCA Syariah, BTPN Syariah, dan CIMB Niaga Syariah menerapkan pendekatan berbeda yang disesuaikan dengan segmen pasar mereka. Meskipun terdapat berbagai tantangan seperti keterbatasan literasi digital dan infrastruktur teknologi, inovasi yang berkelanjutan, edukasi digital, serta penguatan keamanan informasi menjadi kunci dalam keberhasilan pemasaran digital syariah ke depan. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya transformasi digital yang terarah dan berbasis nilai-nilai syariah dalam pengembangan industri perbankan syariah di era digital.
References
Ahmad, D. I., & AC, S. (2020). Manajemen strategis. Nas Media Pustaka.
Esaputra, A. B. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return On Assets (ROA) Bank Syariah Setelah Spin-Off (Periode 2008-2018). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(2), 154–161. https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i2.4082
Hidayat, M., & Humeriatunnisa, A. (2023). Optimalisasi Peran Digital Banking Bank Syariah Indonesia Terhadap Perkembangan Industri Halal. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 5(2), 243–264. https://doi.org/10.24090/mabsya.v5i2.9984
Hidayat, S., & Nurwahidin, N. H. (2020, November). The Role of Digital Marketing in Enlarging Islamic Banking Market Share in Indonesia. In ICSGS 2019: Proceedings of 3rd International Conference on Strategic and Global Studies, ICSGS 2019, 6-7 November 2019, Sari Pacific, Jakarta, Indonesia (p. 201). European Alliance for Innovation.
Kufa, B., & Marwah, S. (2024). Analisis Sentimen Aplikasi Octo Mobile Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jati (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(6), 12460–12464.
Lanniza, I., & Anggraini, T. (2021). Analisis strategi pemasaran kredit pembiayaan mitraguna dalam menarik minat nasabah di Bank Syariah Indonesia Ex Bank Syariah Mandiri KCP Stabat. Journal Economy and Currency Study (JECS), 3(2), 37-46.
Maharani, A. P., & Fasa, M. I. (2024). Pemasaran Produk Bank Syariah Di Era Digital. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(9), 5203-5212.
Meilita, A., & Fasa, M. I. (2024). Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Digital Untuk Analysis Of The Effectiveness Of Digital Marketing Strategies To Increase The Growth Of Sharia Bank In. JICN: Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 7138–7147.
Muflihin, M. D. (2019). Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia: Sebuah Kajian Historis. JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 4(1).
Oktaviani, G. P., & Fasa, M. I. (2024). Efektivitas Pemasaran Digital pada Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik (JUMATI), 2(4).
Salman, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking pada Bank Syariah. Persya: Jurnal Perbankan Syariah, 1(2), 31-37.
Susanti, K. H. (2024). Tantangan dan Peluang Perbankan Syariah di Era Digital dalam Pertumbuhan Berkelanjutan. Persya: Jurnal Perbankan Syariah, 2(1), 13-19.
Syariah, T. B. M. (2023). Pahami Apa Itu Bank Syariah, Ciri, Fungsi, dan Produknya. Diambil kembali dari BANK MEGA SYARIAH: https://www. megasyariah. co. id/id/artikel/edukasi-tips/simpanan/bank-syariah-adalah.
Wibowo, A., & Fasa, M. I. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Dan Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah Indonesia. Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik (JUMATI), 2(4).
Yumanita, D. (2005). Bank syariah: Gambaran umum. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia, 2.