Persepsi Bagi Hasil,Produk, dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Pasca Merger Bank Syariah Pada Generasi Z Berdasarkan Gender

  • fadel mohamad UIN Datokarama
  • Syaifullah MS
  • Irham Pakawaru
Keywords: Bagi Hasil, Produk, Religiusitas, Minat

Abstract

Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bagi Hasil, Produk dan Religiusitas secara parsial dan simultan Terhadap Minat menabung mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Datokarama Palu. Sampel penelitian ini berjumlah 94 orang yang ditentukan menggunakan rumus slovin kemudian penentuan sampel berdasarkan kebetulan, sehingga peneliti bisa mengmbil sampel pada siapa saja yang di temui  dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang di analisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 26. hasil penelitian dan analisis data yang dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi bagi hasil, produk dan religiusitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiwa FEBI di bank syariah. selanjutnya secara parsial variabel persepsi bagi hasil berpengaruh positif  dan signifikan terhadap minat meanbung. uji inedependent t test diketahui tidak terdapat perbedaan antara minat menbung laki-laki dan peremepuan

References

Anshori, Abdul Ghofur. Pembentukan Bank Syariah Melalui Akuisisi dan Konversi (Pendekatan Hukum Positif dan Hukum Islam). Yogyakarta : UII Pers. 2010
Calomiris, C. W. and Karceski, J. (2000). Is the Bank Merger Wave of the 1990s Efficient? Lesson from Nine Case Studies. In steven N. Kaplan, Editor (2000).
Crow dkk, Psikologi Pendidikan. Surabaya: PT. Bina Ilmu 1984
Danang Sunyoto, “Analisis Regresi dan Uji Hipotesis”, Yogyakarta: CAPS, 2011
Dian Arie, Presepsi Masyarakat Terhadap Perbankan Syriah (studi pada masyarakat
Doni stiadi Dkk,Aplikasi Komputer statistik dengan spss untuk penelitian Ekonomi Dan Bisnis badan penerbit Raja Grafindo persada ,2018
Duwi Priyatno, Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS, Cet. I; Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2013
Fifi Afiyanti Tripuspitorion “Pengaruh Relegiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung Untuk Menabung di Bank Syariah”2020
Gaspersz, V. Manajemen Bisnis Total Dalam Era Globalisasi. Gramedia Pustaka Utama.1997
Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS,1 Badan Penerbit UNDIP, 2018
Hardani, dkk, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Cet. 1, Yogyakarta :CV. Pustaka Ilmu, 2020.
Hariyanti,Iswidkk. Merger, Konsolidasi, Akuisisi, Dan Pemisahan Perusahaan (Cara Cerdas Mengembangkan Dan Memajukan Perusahaan). Jakarta: Visimedia.2011.
Haryadi Sarjono, SPSS vs Lisrel Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset, Cet. III : Jakarta Salemba Empat, 2011
HendroPuspito C. Sosiologi Agama Yogyakarta.Kanisius Dan BPK Gunung Mulia 1998.
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.
Imran, I., & Hendrawan, B. Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Applied Business Administration,2018.
Jalaluddin, Psikologi Agama,Jakarta:PTRajaGrafindoPersada,2005.
KTI, Karya Tulis Ilmiah UIN Datokarama Palu,2023
M.Nadratuzzaman Hosen dkk, Materi Dakwa Ekonomi Syariah, Jakarta: PKES ( Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah), 2008
Mappiare, Andi. Psikologi orang dewasa,surabaya: usaha nasional 1983.
Masri Singarimbun, Effendi Sofyan. Metode Penelitian Survey, LP3ES, Jakarta 2006.
Meri anggraini, “persepsi mahasiswa terhadap Bank Sariah Indonesia” UIN Sulthann Thaha Saiuddin Jambi,2021.
Muhammad Anim Musthofa and Mila FUrsiana Salma Musfiroh, “Pengaruh Produk, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah,” Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah 2 (2022):.
Muhammad Syafi’i, Antonio. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.2001.
Muhammad, Metode Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Cet. 1, Jakarta : Rajawali Pers, 2008
Nanang Martono, ”Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder” edisi revisi 2, Cet V. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016
Nurohman,Y.A.Pengantar Manajemen:Penerapan Pada Industri Perbankan (1st ed.). Gerbang Media Aksara,2019
P.Hellen,Chou. Cyber Smart Parenting. Jakarta: PT Visi Anugerah Indonesia,2012.
Putri,A.L, Merger Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk Pengembangan Ekonomi Syariah.Republika,2021
Qurniawati, Rina Sari,Nurohman, Yulyan Arif, persepsi nasabah generasi z pasca pengumuman marger bank syariah uin raden mas saidsurakarta,jurnal,2021.
Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1996
Sabran, Bob. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan Brealey, Myers, Marcus. Amerika: erlangga. 2006
Singgih santoso: 265, pedoman pengambilan keputusan dalam uji paired t-test,2014
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta 1988
Solmaz, Ozkan. (the changing face of the employees-generation z and their perceptions of work) 2015
Spinks,G.S.Psychology and ReligionLondon:MethuenandCompany Ltd, 1963
Sudana, I Made. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Erlangga. 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,2019
Sugiyono, pada buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D tahun 2009
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta,2018
Sujarweni V. Wiratna, Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami Yogyakarta: Pustaka Baru Pres, 2014
Sumardi Suryabrata, Metode Penelitian,Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada, 2010
T. Elizabeth, Santosa. Raising Children in Digital Era. Jakarta: PT Elex Media Komputindo,2015
Untung, Budi. Hukum Merger. Yogyakarta: Andi Offset. 2019
Virhani, Mohan Rifko. Hukum Merger, Konsolidasi, DanAkuisis Pada Industri Telekomunikasi (Perspektif Efektivitas Dan Efisiensi Pemanfaatn Spektrum Frekeuensi Radio Pada Penyelenggara Jaringan Bergerak Seluler). Yogyakarta: CV Budi Utama. 2020
Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset. 2010
Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset. 2004
Published
2023-12-29
How to Cite
mohamad, fadel, MS, S., & Pakawaru, I. (2023). Persepsi Bagi Hasil,Produk, dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Pasca Merger Bank Syariah Pada Generasi Z Berdasarkan Gender . Jariyah: Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 72-90. https://doi.org/10.24239/jariyah.v1i1.2887.72-90
Section
Articles