Profit Sharing Dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Non Muslim dengan Reputasi Sebagai Variabel Moderating

  • nurfaizah adjidin UIN Datokarama
  • Ermawati Ermawati UIN Datokarama
  • Muhammad Syafaat
Keywords: Profit Sharing, Brand Image, Reputation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bagi hasil dan citra merek terhadap minat nasabah non muslim menggunakan produk bank syariah dengan reputasi sebagai variabel moderasi baik secara parsial maupun simultan pada BSI KC Palu Wolter Monginsidi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sumber datanya adalah data primer yang diperoleh melalui observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan cara purposive sampling yaitu nasabah non-Muslim di BSI KC Palu Wolter Monginsidi. Uji stastistik menggunakan program SPSS teknik analisis data, asumsi klasik dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial melalui uji T variabel bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen, variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen, variabel reputasi tidak dapat memoderasi pengaruh bagi hasil terhadap minat konsumen dan Variabel reputasi tidak dapat memoderasi pengaruh merek terhadap minat pelanggan. Sedangkan uji F Bagi Hasil dan Citra Merek berpengaruh secara simultan terhadap Minat Pelanggan dengan reputasi sebagai Variabel Moderating.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational behavior and human decision processes, 50(2), 179-211.
Baru, A. T. (2003). Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia.
Djaali, H. (2011). Psikologi Pendidikan Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fombrun, C. J. (2005). A world of reputation research, analysis and thinking—building corporate reputation through CSR initiatives: evolving standards. Corporate reputation review, 8, 7-12.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafid, W. R., Majid, J., & Juardi, M. S. S. (2018). Penerapan Prinsip Profit Sharing dan Revenue Sharing Program Tabungan Mudharabah dan Deposito Mudharabah Studi pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang Makassar. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 2(1).
Hikmah, M. (2017). Tingkat Ketertarikan Masyarakat Muslim Terhadap Bank Syariah Di Yogyakarta, Indonesia. In Forum Ilmiah Keuangan Negara (Vol. 4, No. 1, pp. 2-2).
Karim, A. A., & Islam, B. (2006). Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (Vol. 1, No. 2). Jilid.
Kotler, P., Keller K.L. (2007) Marketing Management. Penerjemah: Benyamin Molan.
Lamb Jr, C. W., Hair Jr, J. F., & McDaniel, C. (2001). Marketing. Penerjemah: David Octarevia.
Moorman, C., & Miner, A. S. (1997). The impact of organizational memory on new product performance and creativity. Journal of marketing research, 34(1), 91-106.
Maranti, A. F. (2022). Pengaruh Brand Image dan Tingkat Religiusitas Terhadap Minat Menggunakan Layanan Bank Syariah.” (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Selong). Al Birru: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(2).
Nababan, Christine Novita. 2022. Nasabah Non-Muslim Lengket dengan Bank Syariah, Alergi Rentenir. [CNN Indonesia]. [diakses 15 Januari 2023]. Tersedia pada https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220327124954-78-776676/nasabah-non-muslim-lengket-dengan-bank-syariah-alergi-rentenir
Pamilih, I., & Widhiastuti, R. (2020). Pengaruh Bagi Hasil, Brand Image, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah dengan Promosi Sebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 569-583.
Rahman, S. A., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi suatu pengantar dalam perspektif islam. Jakarta: prenada media.
Safitri, A. N., & Fasa, M. I. (2021). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Perkembangan dan Prospek Perkembangan Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 1(2), 60-68.
Sari, N. E., Amah, N., & Wirawan, Y. R. (2017). Penerapan Prinsip Bagi Hasil dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menabung pada Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(2).
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Rineka Cipta.
Sugiyono.(2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. VI; Bandung: CV. Alvabeta
Thayeb, N. A. (2019). The Effect of Service and Profit Sharing on the Interests of Non-Muslim Customer to be Customer of Sharia Bank (Case Study At BRI Syariah KC (Branch Office) Manado). Tasharruf: Journal Economics and Business of Islam, 3(2).
Published
2023-12-29
How to Cite
adjidin, nurfaizah, Ermawati, E., & Syafaat, M. (2023). Profit Sharing Dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Non Muslim dengan Reputasi Sebagai Variabel Moderating . Jariyah: Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 53-71. https://doi.org/10.24239/jariyah.v1i1.2885.53-71
Section
Articles