Analisis Pemahaman Pemustaka Terhadap Tata Tertib Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar

  • Asril Sapli Perpustakaan Badan Pengawas Obat dan Makanan, Indonesia
  • Nur Arifin Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Indonesia
Keywords: Pemustaka, Tata Tertib Perpustakaan, Perpustakaan UNM

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang pemahaman pemustaka terhadap tata tertib perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk tata tertib perpustakaan dan bagaimana pemahaman pemustaka terhadap tata tertib perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk untuk mengetahui bagaimana pemahaman pemustaka terhadap tata tertib perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan  data  dilakukan  melalui observasi,  wawancara  dan  dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pemustaka yang datang berkunjung ke perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk dari tata tertib perpustakaan kurang dapat dilihat oleh para pemustaka karena kurangnya tanda atau rambu-rambu atau aturan yang ditempelkan atau disampaikan kepada pemustaka sehingga tata tertib diperpustakaan Universitas Negeri Makassar ini belum bisa dikatakan efektif. Tata tertib yang terdapat di perpustakaan Universitas Negeri Makassar ini, masih kurang informasi yang ditempelkan seperti halnya tidak adanya informasi mengenai koleksi apa saja yang tidak boleh dipinjamkan serta larangan memotret koleksi di perpustakaan.

References

Achmad, Mansur Sutedjo, Surono, Edy Supriyitno. (2012). Layanan Cinta Perwujudan Layanan Prima++ Perpustakaan. Jakarta: Sagung Seto,

Asiz, Safrudin. (2014). Perpustakaan ramah difabel. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hadi, Sudian, Antonius Boham, J.J. Senduk. (2014). Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Jasa Layanan Kepada Pemustaka Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Ternate. Acta Diurna Vol III. No 3.

R.I, Departemen Agama. (2000). Buku Pedoman Perpustakaan Dinas Departemen Agama R.I. Jakarta: Departemen Agama.

R.I, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2007). Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Menkumham : Jakarta.

Sjahrial-Pamuntjak, Rusina. (2000). Pedoman Penyelengaraan Perpustakaan. Jakarta: Djambatan.

Suhendar, Yaya. (2014). Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada.

Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, Pawit M dan Yaya Suhendar. (2013). Pedoman Penyelengaraan Perpustakaan Sekolah. Cet 4. Jakarta: Kencana.

Nasution, S. (2006). Metode research : (Penelitian ilmiah). Bandung: Bumi Aksara.

Published
2022-03-30
How to Cite
Asril Sapli, & Nur Arifin. (2022). Analisis Pemahaman Pemustaka Terhadap Tata Tertib Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Inkunabula: Journal of Library Science and Islamic Information, 1(1), 39-52. https://doi.org/10.24239/ikn.v1i1.918
Section
Articles
Abstract - 72