Penerapan Aplikasi INLISLite di Perpustakaan Al-Qalam Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu
Abstract
Artikel ini membahas tentang penerapaka aplikasi INLISLite di Perpustakaan Al-Qalam Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu. Penelitian bertujuan untuk mengetahui a) penerapan atau penggunaan INLISLite, b) peluang dan kendala apa saja yang dihadapi pustakawan dalam mengoperasionalkan INLISLite, dan c) kendala apa saja yang dihadapi pemustaka dalam mengakses koleksi aplikasi INLISLite di Perpustakaan Al-Qalam Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis akan mewancarai pustakawan dan pemustaka/mahasiswa dalam mengumpulkan data. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan beberapa teknik yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi INLISLite di Perpustakaan Al-Qalam Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu belum digunakan secara optimal oleh pustakawan dalam mengelola perpustakaan. Kendala yang dihadapi pustakawan dalam mengoperasikan aplikasi INLISLite adalah masih kurangnya pengetahuan pustakawan tentang aplikasi INLISLite dan kurangnya sumber daya manusia yang ahli dalam pengetahun TIK serta beberapa kendala pada server. Manfaat atau peluang yang didapatkan dalam menggunakan apliaksi INLISLite ini sangat mengefisienkan waktu apa lagi dalam penginputan data koleksi kedalam INLISLite untuk dijadikan koleksi digital. Penggunaan OPAC masih kurang dimanfaatkan pemustaka untuk mencari koleksi bahan pustaka, kerena banyak koleksi yang tidak sesuai yang tampil di OPAC dengan di rak buku.
References
Alamsyah. (2021, Desember). Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu [Komunikasi pribadi].
Arifin, N. (2016). Analisis Pemanfaatan Fitur Extend pada SLiMS di Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar [Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6736/
Asari, A., Kurniawan, T., & Andajani, K. (2020). Penerapana Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Otomasi INLISLite. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 246–252. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/17567
Fahrizandi, F. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 63–76. https://doi.org/10.29240/tik.v4i1.1160
Undang-Undang RI Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, Pub. L. No. 23 Tahun 2007. Diambil 15 Februari 2021, dari https://www.jogloabang.com/sites/default/files/dokumen/uu_43_2007_perpustakaan.pdf
Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharfina. (2022, Januari 24). Mahasiswa Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu [Komunikasi pribadi].
Syahdaruddin, A. (2021, November 10). Kepala Perpustakaan Al-Qalam Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu [Komunikasi pribadi].
Zulhalim, Z., Sulistyanto, A., & Sianipar, A. Z. (2019). Implementasi Aplikasi Sistem Otomasi Perpustakaan Terintegrasi Menggunakan INLISLite Versi 3 Pada Perpustakaan STMIK Jayakarta. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(4), 1–9. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/114
Copyright (c) 2022 Rifka Rahmadani, Iskandar, Andi Muhammad Dakhalan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Once the article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work