Efektivitas Pembudayaan Gemar Membaca dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar
Abstract
Reading interest is a crucial factor in the development of literate human resources. However, a low reading habit remains a persistent issue, including in Pematangsiantar City. In response, the Pematangsiantar City Archives and Library Office implemented the Reading Culture Development Program to enhance public literacy awareness through activities such as mobile library services, reading culture campaigns, and literacy competitions. This study aims to analyze the effectiveness of these activities in increasing reading interest among the public, identify the challenges encountered during implementation, and propose strategies for future development. A qualitative approach with a descriptive design was employed. Data were collected through in-depth interviews with three key informants involved in program implementation and analyzed using Miles and Huberman’s interactive model, encompassing data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that the program has significantly influenced reading behavior, increased library visits, and fostered literacy habits among students. Despite technical barriers such as limited facilities and time constraints, the program was effectively executed through strong coordination and adaptive delivery strategies. In conclusion, the Reading Culture Development Program has proven effective in cultivating a reading culture and holds potential as a replicable model for other regions through strategic, theory-based, and community-participatory approaches.
Abstrak
Minat baca merupakan faktor krusial dalam pembangunan sumber daya manusia yang literat. Namun, rendahnya kebiasaan membaca masih menjadi permasalahan klasik, termasuk di Kota Pematangsiantar. Merespons hal tersebut, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar melaksanakan kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca untuk meningkatkan kesadaran literasi masyarakat melalui kegiatan Perpustakaan Keliling, Sosialisasi Budaya Membaca, dan Lomba Literasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kegiatan tersebut dalam meningkatkan minat baca masyarakat, mengidentifikasi kendala pelaksanaan, serta merumuskan strategi pengembangan ke depan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam pada tiga informan dengan pihak pelaksana kegiatan dan dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak signifikan terhadap perubahan perilaku membaca, peningkatan kunjungan ke perpustakaan, dan terbentuknya kebiasaan literasi di kalangan pelajar. Meski terdapat hambatan teknis seperti keterbatasan fasilitas dan waktu, kegiatan tetap terlaksana secara efektif berkat koordinasi dan strategi penyampaian yang adaptif. Kesimpulannya, kegiatan Pembudayaan Gemar Membaca terbukti efektif dalam membangun budaya membaca, serta dapat menjadi model yang layak diterapkan di daerah lain dengan pendekatan strategis berbasis teori dan partisipasi komunitas
References
Abdussalamad, Z. (2015). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145–151. https://journal.unnes.ac.id/sju/jnfc/article/view/51725
Alfina, O. T. (2012). Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam Meningkatkan Minat Baca di Rumah Baca Gang Masjid Jombang. J+PLUS: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/16748
Amalia, N., & Dewi, F. F. E. F. (2023). Pembudayaan Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDIT Baiturrahman Sepat. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1624–1634. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/7169
Artana, I. K. (2015). Perpustakaan, masyarakat, dan pembudayaan gemar membaca. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/7145
Artana, I. K. (2017). Anak, minat baca, dan mendongeng. Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 26–36. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/12733
Atmi, R. T., Gunarti, E., Mutia, F., & Prihatini, I. C. (2022). Peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan desa berbasis inklusi sosial. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(3), 486–497. https://doi.org/10.33474/JIPEMAS.V5I3.15559
Budirman, Mas’ud Muhammadiah, R. (2024). Efektivitas Peningkatan Minat Baca Dan Kebiasaan Membaca Masyarakat Di Kecamatan Topoyo Melalui Pemanfaatan Rumah Baca Paindo Di Kabupaten Mamuju Tengah Sulawesi Barat Effectiveness of Increasing the Reading Interest and Reading Habits of the Community in. Bosowa Journal of Education, 5(1), 37–42. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5320
Damanik, I. Y., & Ali, M. N. (2024). Analisis Program Literasi Perpustakaan Umum Kota Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah Muqodimah, 8, 1062–1068. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/muqoddimah/article/view/17326
Fatimah, Y. A., Hanafi, A. R., Pancasari, M., Fadhilah, S., Putra, J. S., & Astuti, S. D. (2021). Pengembangan Perpustakaan Negeri Dongeng Bahrul Ulum untuk Meningkatkan Literasi Anak-Anak dan Masyarakat Desa Giyanti. Community Empowerment, 6(4), 532–537. https://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/4522
Fatmawati, E. (2022). Peningkatan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Masyarakat Melalui Pengukuran Indeks Gemar Membaca (IGM). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(2), 341–358. https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/TI/article/view/5498
Febianti, F. (2021). Gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat melalui peran perpustakaan dan pustakawan. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 3(1), 82–107. https://infobibliotheca.ppj.unp.ac.id/index.php/infobibliotheca/article/view/268
Fhadillah, M. N. (2020). Pentingnya meningkatkan semangat minat membaca siswa melalui perpustakaan. Aloes: Al’adzkiya International Of Education And Sosial, 10–15. https://aladzkiyajournal.com/index.php/AIoES/article/view/1
Hermawan, A. H., Hidayat, W., & Fajari, I. (2020). Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 113–126. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/6151
Holik, A. (2013). Peran taman bacaan masyarakat (TBM) sudut baca soreang dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 50–56. https://www.academia.edu/126026883/Peran_Taman_Bacaan_Masyarakat_TBM_Sudut_Baca_Soreang_dalam_Meningkatkan_Minat_Baca_Masyarakat_di_Kabupaten_Bandung
Lestari, P. W. (2021). Peningkatan Minat Baca dengan Program Generasi Masyarakat Gemar Membaca di RPTRA Cililitan Jakarta Timur. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/4300
Mansyur, U. (2020). Minat baca mahasiswa: potret pengembangan budaya literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 135–141. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/literasi/article/view/3900
Maulida, H. N. (2016). Peran perpustakaan daerah dalam pengembangan minat baca di masyarakat. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 235–251. https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/120
Melfan, S. N., & Batubara, A. K. (2023). Efektivitas Program Kegiatan Layanan Anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(Arista 2019). https://ejournal.unsuda.ac.id/index.php/MPI/article/view/32
Mitra, R., Gamal, M., Kartika, N., Adillah, R., & Akmalia, R. (2024). Analisis Faktor Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 164–171. https://journal.aspirasi.or.id/index.php/Semantik/article/view/277
Pematangsiantar, D. A. dan P. K. (2022). Jumlah Pengunjung di Kota Pematangsiantar 2018-2022. 1.
Pramudyo, G. N., Ilmawan, M. R., Azizah, B., Anisah, M., & Deo, Y. (2018). Inovasi kegiatan taman bacaan masyarakat (TBM). Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 4(1), 29–38. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka/article/view/17332
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Qurbi, G. (2024). “Program Inklusi Sosial Sebagai Transformasi Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat. repository.unp.ac.id
Safitri, A., Haryanto, I., Rahim, A., Musahrain, M., & Nurhairunnisah, N. (2021). Analisis Pembudayaan Gemar Membaca Sebagai Kajian Pembentukan Perda di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 43–49. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/41
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sulistyawati. (2023). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. K- Media.
Copyright (c) 2025 Sukma Hartati, Muslih Fathurrahman (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Once the article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work