Evaluasi Sumber Daya Manusia (SDM) serta Implikasinya Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan SMKN 2 Bandung
Abstract
This study aims to evaluate the performance and capacity of human resources and their impact on the quality of services provided at the library of SMKN 2 Bandung by employing the Balanced Scorecard model. A descriptive qualitative method was adopted, utilizing the Balanced Scorecard approach, which includes four perspectives: financial, customer satisfaction, internal processes, and learning and growth. Data were collected through interviews with three groups of informants: the principal, librarians (including the head and staff), and library users (comprising teachers and students). The findings were triangulated through direct observation and document analysis. The results indicate that the library is staffed by only two librarians, both of whom lack relevant educational backgrounds, leading to excessive workloads and inefficiencies in core services, particularly cataloging, circulation, and reference. Despite limited funding, the school consistently provides training programs to enhance librarians’ competencies. From the customer perspective, most users report receiving adequate assistance, although the services are not yet optimal. The study concludes that inadequacies in human resources have a direct and significant impact on the quality of library services in vocational high schools.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan kapasitas sumber daya manusia serta pengaruhnya terhadap kualitas layanan yang diberikan di Perpustakaan SMKN 2 Bandung dengan menggunakan pendekatan model Balanced Scoredcard. Metodologi yang diterapkan adalah kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, yang mencakup empat sudut pandang: aspek finansial, kepuasan pelanggan, proses internal, serta aspek pembelajaran dan perkembangan. Data diperoleh melalui wawancara dengan tiga kelompok informan, yaitu kepala sekolah, pustakawan yang mencakup kepala dan staf, serta pemustaka yang terdiri atas guru dan siswa. Hasil data diperkuat dengan observasi dan dokumentasi. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan hanya memiliki dua staf pustakawan yang berasal dari latar belakang yang tidak sesuai, yang berakibat pada beban kerja yang berlebihan dan ketidakefisienan dalam layanan, terutama dalam proses katalogisasi, sirkulasi, dan referensi. Meskipun anggaran terbatas, pihak sekolah tetap menyelenggarakan pelatihan rutin untuk meningkatkan keterampilan pustakawan. Dari perspektif pelanggan, sebagian besar pengguna merasa cukup mendapatkan bantuan meskipun layanan yang tersedia belum maksimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketidakidealan dalam sumber daya manusia berpengaruh langsung terhadap kualitas layanan perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan.
References
Azkiya, S. R. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan: Studi Pemikiran Lasa HS. UNILIB : Jurnal Perpustakaan. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol13.iss2.art5
Effendi, M. R. B., & Krismayani, I. (2016). ANALISIS DAMPAK KEKURANGAN JUMLAH PUSTAKAWAN DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA TEGAL. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4), Article 4. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15331
Hafid, M. F. A., Damopolii, M., & Hasan, M. (2024). PENERAPAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (DIGITAL LIBRARY) DI SMK NEGERI 1 MAJENE. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i2.229
Kobat, H. M., Lestari, E. S., & Koerniawati, T. (2024). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 24(2), 138–147. https://doi.org/10.24843/PJIIB.2024.v24.i02.p04
Kulsum, U., Nurfitriani, N., Sunarto, S., & Heriyanto, H. (2024). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KINERJA SDM BERBASIS BALANCED SCORECARD: STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA SAMARINDA. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i2.1233
Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.912
Lukman Effendy, Baiq Anggun Hilendri Lestari, & Rohyadi, I. (2020). BALANCED SCORECARD (BSC): REKAYASA PADA ENTITAS RUMAH SAKIT. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 19(1), 155–182. https://doi.org/10.29303/aksioma.v19i1.91
Lusianai, W. O., Muliati, M., Astin, A., & Jabar, A. S. (2022). Model Pengembangan Perpustakaan Sekolah Berbasis Guru Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i2.36532
Musfah, J. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan: Teori Dan Kebijakan. Prenada Media.
Nukhbatillah, I. A., Hasanah, U., Suhertin, T., Milah, A. R., & Mukti, A. T. S. (2023). Analisis Kesesuaian Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Standar Perpustakaan (Studi Kasus MIS Bojongmalang Pangandaran). El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.18347
Pahlevy, A. R., & Hasan, T. (2021). Kajian Terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Menerima Layanan Petugas Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Gema Pustakawan, 9(1), 69–83. https://doi.org/10.31258/jgp.9.1.69-83
Putri, R. M., & Hadiguna, R. A. (2023). Model Penilaian Kinerja Rantai Pasok Produk Soft Drink Berbasis Balance Scorecard dan SCOR Terpadu. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/jri.v5i1.887
Romadhoni, L. C., Asmony, T., & Suryatni, M. (2015). Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pustakawan Di Kota Mataram. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 3(2), 124–145. https://doi.org/10.24252/kah.v3i2a3
Salsabila, S. Z., Raudah, S., & Husaini, M. (2024). MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG SISWA SMK NEGERI 1 DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Jurnal Pelayanan Publik, 1(2), Article 2. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JPP/article/view/436
Sari, R. N., & Hanum, A. N. L. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10), Article 10. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i10.36215
Sukesi, D. & Ida Rindaningsih. (2023). PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 195–206. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.162
Sukinawan, K. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Sekolah Menengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8374–8379. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4986
Copyright (c) 2025 Rachmelya Salsabila Firdausy, Angga Hadiapurwa, Yayu Wulandari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Once the article was published in the journal, the author(s) are:
- granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
- permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
- continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA license
- receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work