Evaluasi Sumber Daya Manusia (SDM) serta Implikasinya Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan SMKN 2 Bandung

  • Rachmelya Salsabila Firdausy Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Angga Hadiapurwa Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Yayu Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Sumber Daya Manusia, Kualitas Layanan, Perpustakaan Sekolah, Balanced Scorecard, Evaluasi Kinerja

Abstract

This study aims to evaluate the performance and capacity of human resources and their impact on the quality of services provided at the library of SMKN 2 Bandung by employing the Balanced Scorecard model. A descriptive qualitative method was adopted, utilizing the Balanced Scorecard approach, which includes four perspectives: financial, customer satisfaction, internal processes, and learning and growth. Data were collected through interviews with three groups of informants: the principal, librarians (including the head and staff), and library users (comprising teachers and students). The findings were triangulated through direct observation and document analysis. The results indicate that the library is staffed by only two librarians, both of whom lack relevant educational backgrounds, leading to excessive workloads and inefficiencies in core services, particularly cataloging, circulation, and reference. Despite limited funding, the school consistently provides training programs to enhance librarians’ competencies. From the customer perspective, most users report receiving adequate assistance, although the services are not yet optimal. The study concludes that inadequacies in human resources have a direct and significant impact on the quality of library services in vocational high schools.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dan kapasitas sumber daya manusia serta pengaruhnya terhadap kualitas layanan yang diberikan di Perpustakaan SMKN 2 Bandung dengan menggunakan pendekatan model Balanced Scoredcard. Metodologi yang diterapkan adalah kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan Balanced Scorecard, yang mencakup empat sudut pandang: aspek finansial, kepuasan pelanggan, proses internal, serta aspek pembelajaran dan perkembangan. Data diperoleh melalui wawancara dengan tiga kelompok informan, yaitu kepala sekolah, pustakawan yang mencakup kepala dan staf, serta pemustaka yang terdiri atas guru dan siswa. Hasil data diperkuat dengan observasi dan dokumentasi. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan hanya memiliki dua staf pustakawan yang berasal dari latar belakang yang tidak sesuai, yang berakibat pada beban kerja yang berlebihan dan ketidakefisienan dalam layanan, terutama dalam proses katalogisasi, sirkulasi, dan referensi. Meskipun anggaran terbatas, pihak sekolah tetap menyelenggarakan pelatihan rutin untuk meningkatkan keterampilan pustakawan. Dari perspektif pelanggan, sebagian besar pengguna merasa cukup mendapatkan bantuan meskipun layanan yang tersedia belum maksimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketidakidealan dalam sumber daya manusia berpengaruh langsung terhadap kualitas layanan perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan.

References

Azkiya, S. R. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Perpustakaan: Studi Pemikiran Lasa HS. UNILIB : Jurnal Perpustakaan. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol13.iss2.art5

Effendi, M. R. B., & Krismayani, I. (2016). ANALISIS DAMPAK KEKURANGAN JUMLAH PUSTAKAWAN DI KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA TEGAL. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4), Article 4. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15331

Hafid, M. F. A., Damopolii, M., & Hasan, M. (2024). PENERAPAN PERPUSTAKAAN DIGITAL (DIGITAL LIBRARY) DI SMK NEGERI 1 MAJENE. TEKNOS: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.59638/teknos.v1i2.229

Kobat, H. M., Lestari, E. S., & Koerniawati, T. (2024). Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pada Perpustakaan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, 24(2), 138–147. https://doi.org/10.24843/PJIIB.2024.v24.i02.p04

Kulsum, U., Nurfitriani, N., Sunarto, S., & Heriyanto, H. (2024). PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KINERJA SDM BERBASIS BALANCED SCORECARD: STUDI PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI KOTA SAMARINDA. JURNAL ILMIAH M-PROGRESS, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.35968/m-pu.v14i2.1233

Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.912

Lukman Effendy, Baiq Anggun Hilendri Lestari, & Rohyadi, I. (2020). BALANCED SCORECARD (BSC): REKAYASA PADA ENTITAS RUMAH SAKIT. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 19(1), 155–182. https://doi.org/10.29303/aksioma.v19i1.91

Lusianai, W. O., Muliati, M., Astin, A., & Jabar, A. S. (2022). Model Pengembangan Perpustakaan Sekolah Berbasis Guru Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i2.36532

Musfah, J. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan: Teori Dan Kebijakan. Prenada Media.

Nukhbatillah, I. A., Hasanah, U., Suhertin, T., Milah, A. R., & Mukti, A. T. S. (2023). Analisis Kesesuaian Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Standar Perpustakaan (Studi Kasus MIS Bojongmalang Pangandaran). El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.18347

Pahlevy, A. R., & Hasan, T. (2021). Kajian Terhadap Kepuasan Pemustaka dalam Menerima Layanan Petugas Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Gema Pustakawan, 9(1), 69–83. https://doi.org/10.31258/jgp.9.1.69-83

Putri, R. M., & Hadiguna, R. A. (2023). Model Penilaian Kinerja Rantai Pasok Produk Soft Drink Berbasis Balance Scorecard dan SCOR Terpadu. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/jri.v5i1.887

Romadhoni, L. C., Asmony, T., & Suryatni, M. (2015). Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pustakawan Di Kota Mataram. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 3(2), 124–145. https://doi.org/10.24252/kah.v3i2a3

Salsabila, S. Z., Raudah, S., & Husaini, M. (2024). MANAJEMEN PELAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG SISWA SMK NEGERI 1 DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Jurnal Pelayanan Publik, 1(2), Article 2. https://ejurnal.stiaamuntai.ac.id/index.php/JPP/article/view/436

Sari, R. N., & Hanum, A. N. L. (2019). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 1 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(10), Article 10. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i10.36215

Sukesi, D. & Ida Rindaningsih. (2023). PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI. PERISAI: Jurnal Pendidikan dan Riset Ilmu Sains, 2(2), 195–206. https://doi.org/10.32672/perisai.v2i2.162

Sukinawan, K. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Sekolah Menengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 8374–8379. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.4986

Published
2025-06-21
How to Cite
Firdausy, R. S., Hadiapurwa, A., & Wulandari, Y. (2025). Evaluasi Sumber Daya Manusia (SDM) serta Implikasinya Terhadap Kualitas Layanan di Perpustakaan SMKN 2 Bandung. Inkunabula: Journal of Library Science and Islamic Information, 4(2), 83-89. https://doi.org/10.24239/inkunabula.v4i2.3952
Section
Articles