Analisis Pengelolaan dan Pemanfaatan Koleksi Braille di SLB-ABCD Muhammadiyah Palu

  • Rezkia S. Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Jl. Diponegoro No. 23, Lere, Kec. Palu Barat., Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94221
  • Ulumuddin Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Jl. Diponegoro No. 23, Lere, Kec. Palu Barat., Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94221
  • Iramadhana Solihin Dosen Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, Jl. Diponegoro No. 23, Lere, Kec. Palu Barat., Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94221
Keywords: Pengelolaan Koleksi Braille, Pemanfaatan Koleksi Braille, Buku Pelajaran Braille, SLB-ABCD Muhammadiyah Palu

Abstract

This research examines the "Analysis of Management and Utilization of Braille Collections at SLB-ABCD Muhammadiyah Palu," where the research problem formulation includes how the management of braille collections is carried out at the Library of SLB-ABCD Muhammadiyah Palu, and how these braille collections are utilized. This study employs a qualitative approach with a descriptive research design. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. The informants in this research include the head of SLB-ABCD Muhammadiyah Palu, teachers of visually impaired students, and the visually impaired students themselves. The research findings explain that the management of braille collections at the Library of SLB-ABCD Muhammadiyah Palu involves acquisition through gifts and self-publishing, manual inventory and cataloging, and classification based on alphabetical order. The braille collection at the library includes braille magazines, braille textbooks, Braille Qur'an, braille atlases, tactile maps, and 3D models of Mount Merapi. The braille collections most frequently utilized by students are braille textbooks, braille magazines, and the Braille Qur'an. One challenge in utilizing braille collections is when students have both visual and hearing impairments, making it difficult for them to comprehend the use of braille collections. It is necessary to recruit librarians and staff to assist in the management of collections in the library, making it easier for students or teachers to find collections that meet their needs. There is also a need for the acquisition of braille collections tailored to the students' needs, such as audiobooks, to benefit visually impaired students who struggle with braille books.

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang “Analisis Pengelolaan dan Pemanfaatan Koleksi Braille di SLB-ABCD Muhammadiyah Palu” dimana rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan koleksi braille di Perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu? dan bagaimana pemanfaatan koleksi braille di perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah kepala sekolah SLB-ABCD Muhammadiyah Palu, guru pengejar siswa penyandang tunanetra dan siswa penyandang tunanetra. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pengelolaan koleksi braille  di Perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu terdiri dari pengadaan yang diperoleh melalui hadiah dan terbitan sendiri, inventarisasi dan katalogisasi yang masih dilakukan secara manual, dan klasifikasi dengan pengelompokan berdasarkan abjad. Koleksi braille yang terdapat di perpustakaan SLB-ABCD Muhammadiyah Palu meliputi majalah braille, buku pelajaran braille, Al-Qur’an braille, atlas braille, peta taktual (peta timbul) dan peraga gunung Merapi 3 dimensi. Koleksi braille yang sering dimanfaatkan siswa yaitu buku pelajaran braille, majalah braille dan AL-Qur’an braille. Adapun yang menjadi kendala dalam pemanfaatan koleksi braille yaitu apabila siswa tersebut penyandang tunaganda, dimana mengalami tunanetra juga tunaganda sehingga kesulitan dalam memahami penggunaan koleksi braille. Perlu adanya perekrutan pustakawan dan staf yang membantu agar pengelolaan koleksi di perpustakaan dapat dilaksanakan, sehingga mempermudah siswa atau guru  dalam menemukan koleksi sesuai kebutuhan mereka dan perlunya pengadaan koleksi braille yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat dimanfaatkan dengan baik, contohnya koleksi audiobook bagi sehingga dapat dimanfaatkan oleh siswa tunanetra yang kesulitan dalam memanfaatkan buku braille.

References

Anggito, Albi, and Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Cetakan Pertama. Sukabumi: Jejak (Jejak Publisher).

Arum, A. P., & Husna, J. (2020). Layanan Braille di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Journal Information Science and Library, 1(1), 31-35. http://journals.usm.ac.id/index.php/jisl/article/view/2495

Asmawardah, A. (2018). Pelayanan Perpustakaan (Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Perpustakaan). (Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin). http://idr.uin-antasari.ac.id/10284/

Dzunurain, M. K., & Wasisto, J. (2022). Pemanfaatan Koleksi Buku Braille Sebagai Sumber Informasi Siswa Penyandang Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(1), 57-68. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/anuva/article/view/13339

Haiqal, M. A. (2021). Peranan Perpustakaan Sekolah Luar Biasa Dalam Menumbuhkan Literasi Informasi Bagi Anak Tunanetra Di Sekolah Luar biasa (SLB-A) Diyayasan Karya Murni. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/13910/

Hartono. (2020) Transformasi perpustakaan dalam Ekosistem Digital : Konsep Dasar, Organisasi Informasi, dan Literasi Digital. Terbitan Pertama. Jakarta: Preneda Mediai.

Jumain, Rezky Amelia. (2020). Analisis Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Akademi Teknik Keselamatan dan Penerbangan Makassar. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/20426/

Ritonga, Saniah. (2015). Pengelolaan dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Luar Biasa (SLB)-E Negeri Pembina Medan. (Skripsi, Universitas Sumatera Utara).

Tumirah. (2013). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Pemanfaatan Tulisan Singkat Braille Bagi Siswa Tunanetra. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/plb/article/view/1804

Undang-undang tentang Perpustakaan No. 43 Tahun 2007. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/UU_No._43_Tahun_2007_tentang_Perpustakaan_.pdf

Undang-undang tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Luar Biasa No. 11 Tahun 2021. https://jdih.perpusnas.go.id/file_peraturan/Peraturan_Perpusnas_Nomor_11_Tahun_2021_Standar_Nasional_Perpustakaan_Sekolah_Luar_Biasa_(1).pdf

Published
2023-09-30
How to Cite
S, R., Ulumuddin, U., & Solihin, I. (2023). Analisis Pengelolaan dan Pemanfaatan Koleksi Braille di SLB-ABCD Muhammadiyah Palu. Inkunabula: Journal of Library Science and Islamic Information, 2(2), 106-116. https://doi.org/10.24239/ikn.v2i2.2379
Section
Articles